Internasional

Jokowi Atur Waktu Telepon Erdogan yang Menang Pilpres Turki

Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Turki Foto: Biro Setpres

Jakarta,-Ayonews.com – Recep Tayyip Erdogan terpilih kembali menjadi Presiden Turki. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengupayakan menelepon langsung Erdogan untuk mengucapkan selamat.

“Tadi saya sudah minta Menlu untuk mengatur agar saya bisa telepon langsung ke Erdogan,” ujar Jokowi di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Jokowi sudah mengetahui kemenangan Erdogan di Pilpres Turki. Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada koleganya.

“Tadi pagi saya dapat laporan dari Menlu dan saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki,” ujarnya.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Jokowi punya harapan kepada Erdogan. Jokowi berharap hubungan bilateral Indonesia dengan Turki semakin ditingkatkan.

“Sebagai dua negara muslim besar, Indonesia-Turki saya lihat punya banyak kesamaan. Dan kita harapkan hubungan bilateral antara Indonesia-Turki lebih baik lagi, lebih meningkat lagi terutama di bidang ekonomi, di bidang investasi. Karena memang kedekatan Indo dengan Turki dalam forum-forum OKI (Organisasi Kerjasama Islam) saya kira tidak perlu diragukan lagi,” kata Jokowi.

Dalam penghitungan suara yang disiarkan media Turki, Erdogan unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Muharrem Ince. Dari 96 persen suara yang masuk, Erdogan meraih 52,7 persen, sedangkan Ince hanya meraih 30,7 persen suara.

“Saya harap tidak ada yang akan mencoba membayangi hasil dan membahayakan demokrasi untuk menyembunyikan kegagalan mereka sendiri,” kata Erdogan.

daru/iNews.id

Most Popular

To Top