Olahraga

Bantai Rusia 3-0, Uruguay sebagai Juara Grup A

SAMARA, Ayonews.com – Uruguay memastikan diri sebagai juara Grup A Piala Dunia 2018. Hasil itu didapat setelah tim berjuluk La Celeste itu membantai tuan rumah Rusia 3-0 pada laga pamungkas fase Grup A di Samara Arena, Samara, Senin (25/6/2018) malam WIB.

Gol cepat Luis Suarez melalui tendangan bebas pada menit ke-10 membuka keunggulan 2-0 Uruguay atas Rusia pada laga pamungkas fase Grup A di Samara Arena, Samara, Senin (25/6/2018) malam WIB. Kemudian, sepakan Diego Laxalt pada menit ke-23 menyempurnakan kampanye Uruguay di laga kali ini.

Hasil itu membuat Uruguay mengepak poin sempurna, 9, setelah melahap 100 persen kemenangan di tiga laga penyisihan grup. Sebelumnya, mereka menang dengan skor kembar 1-0 atas Mesir, dan Arab Saudi di dua laga awal.

Dengan begitu, pasukan Oscar Tabarez berhak duduk di puncak klasemen Grup A. Sementara Rusia harus puas finis sebagai runner-up dengan nilai 6 hasil dua kemenangan dan sekali kalah.

Dalam laga tersebut, Rusia untuk pertama kali mengenakan kostum tandang berwarna putih. Bukan hanya kostum, kali ini tuan rumah juga sedikit mengubah gaya main mereka. Menghadapi Uruguay yang levelnya lebih di atas, Rusia cenderung memulai pertandingan dengan umpan-umpan panjang.

Sementara Uruguay tetap dengan gaya bermain mereka yang mengandalkan kecepatan dua striker mereka, Suarez dan Edinson Cavani. Sampai akhirnya sebuah serangan Uruguay membuat gelandang Rusia Yury Gazinskiy menjatuhkan Rodrigo Bentancur di depan kotak penalti mereka.

Tendangan bebas ini langsung diambil oleh Suarez yang melesakkan sepakan keras mendatar yang tak bisa dijangkau Igor Akinfeev pada menit ke-10.

Setelah gol tersebut, Uruguay semakin beringas menggempur pertahanan Rusia. Berkali-kali gelombang serangan La Celeste membuat pertahanan tuan rumah kocar-kacir.

Sampai akhirnya sebuah sepakan Diego Laxalt membentur kaki winger Rusia Denis Cheryshev. Bola pun langsung berbelok arah yang membuat Akinfeev mati langkah dan gagal menahan si kulit bundar yang menggelinding kembali masuk gawangnya pada menit ke-23.

Situasi Rusia semakin kalut setelah wasit mengeluarkan kartu kuning kedua buat bek kanan Igor Smolnikov setelah dia melanggar Cavani pada menit ke-36. Kondisi itu membuat Rusia bermain 10 pemain. Meski begitu, sampai wasit meniup peluit tanda turun minum, belum ada lagi gol tercipta.

Pada awal babak kedua, Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov mencoba melakukan perubahan dengan memasukkan Daler Kuzyaev menggantikan Gazinskiy. Dia juga memainkan striker Fyodor Smolov dengan menarik gelandang serang Aleksey Miranchuk.

Hasilnya, Rusia mampu mendapatkan beberapa peluang. Salah satunya saat striker Artem Dzuba menerima umpan manis dari Roman Zobnin. Sayang sepakannya masih melebar.

Namun, bukan gol yang didapat Rusia, melainkan gawang mereka yang kembali dijebol Uruguay. Berawal dari sepak pojok, kapten Uruguay Diego Godin menanduk bola yang diblok Akinfeev. Namun, bola pantulnya langsung disambar Edinson Cavani menjadi gol ketiga La Celeste.

SUSUNAN PEMAIN
URUGUAY (3-5-2)
Muslera; Coates, Godin, Caceres; Laxalt, Nandez (Rodriguez 73), Torreira, Bentacur (Arrascaeta 63), Vecino; Suarez, Cavani (Gomez 90+3)
Pelatih: Oscar Tabarez

RUSIA (4-2-3-1)
Akinfeev; Smolnikov, Kutepov, Ignashevich, Kudryashov; Gazinskiy (Kuzyaev 46), Zobnin; Samedov, Miranchuk (Smolov 60), Cheryshev (Fernandes 38); Dzyuba
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Most Popular

To Top