Olahraga

Penalti Messi Gagal, Argentina Diimbangi Islandia

Penyerang timnas Islandia Alfred Finbogasson ketika mencetak gol penyama kedudukan saat timnya menahan imbang Argentina 1-1 di Grup D Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018) malam. (Foto: Daily Mail)

MOSKOW, AYOnews.com – Tim nasional Argentina harus puas ditahan imbang Islandia 1-1 pada laga Grup D di Otkrytiye Arena, Sabtu (16/6/2018) malam. Padahal, mereka mendapatkan peluang emas lewat eksekusi penalti Lionel Messi di babak kedua, yang sayangnya gagal berbuah gol.

Argentina langsung menekan di awal pertandingan. Pada menit ke-4, Marcus Rojo nyaris menjebol gawang Islandia lewat tandukannya memanfaatkan tembakan bebas Lionel Messi. Namun, usahanya belum menemukan sasaran. Begitu juga dengan sundulan Nicolas Tagliafico di menit ke-8.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Argentina lengah. Semenit kemudian, melalui sebuah serangan balik dengan bola dari kaki ke kaki, Bikir Bjarnasson yang muncul di kotak penalti langsung menyontek bola.

Namun, bola sedikit menyamping ke kanan gawang Argentina. Akhirnya lewat tembakan keras Sergio Aguero dari dalam kotak penalti pada menit ke-19, membuat tim Amerika Selatan itu unggul.

Mencetak gol lebih dulu membuat Argentina mengurung pertahanan Islandia. Tak lama kemudian Messi melepas tembakan keras. Tetapi, Kiper Islandia Hannes Halldorsson masih mampu menyelamatkannya.

Hal itu rupanya tak membuat nyali kubu Islandia ciut. Tim berjuluk Strakarnir Okkar itu malah mampu menyamakan kedudukan di menit ke-22, lewat gol Alfred Finbogasson. Berawal dari tembakan Gylfi Sigurdsson yang ditepis Kiper Argentina Willy Caballero.

Bola muntah langsung dicocor penyerang Augsburg itu dan tanpa kesulitan merobek gawang Tim Tango. Keberhasilan menyamakan kedudukan membuat Islandia memperketat pertahanannya dan mencoba mengalirkan serangan balik lewat bola-bola panjang.

Pada babak kedua Islandia lebih berani bermain terbuka. Namun, hal itu tak berlangsung lama karena Argentina yang ngotot ingin meraih kemenangan mengurung pertahanan mereka.

Akhirnya di menit ke-63, Argentina mendapat hadiah penalti setelah Hordur Magnusson menjatuhkan Aguero. Namun, Messi yang menjadi eksekutor gagal menuntaskan tugasnya karena digagalkan Halldorsson.

Islandia yang berusaha mempertahankan kedudukan memilih memperkuat lini belakannya. Hampir semua pemain tim Eropa Utara itu berada di daerahnya sendiri. Hal itu membuat Argentina kesulitan melakukan serangan.

Messi sempat mendapatkan peluang di menit ke-80 lewat tembakannya dari luar kotak penalti, tetapi bola masih menyamping ke kanan gawang Halldorsson. Kiper 34 tahun itu kembali menepis bola yang disepak Cristian Pavon ke arah gawangnya di menit ke-85.

SUSUNAN PEMAIN
ARGENTINA (4-2-3-1)
Caballero; Salvio, Otamendi, Rojo, Tagliafico; Mascherano, Biglia (Banega 54); Meza (Higuain 84), Messi, Di Maria (Pavon 75); Aguero.
Pelatih: Jorge Sampaoli

ISLANDIA (4-5-1)
Halldorsson; Saevarsson, Arnason, R. Sigurdsson, Magnusson; Gudmundsson (Gislason 63), Gunnarson (Skulason 76), G. Sigurdsson, Hallfredsson, Bjarnason; Finnbogason (Sigurdarson 89).
Pelatih: Heimir Hallgrimsson

daru virgo

Most Popular

To Top