Nasional

Uniknya Tradisi Silaturahmi Penuh Kekeluargaan Warga Kampung Baru Ciledug Tangerang

foto bersama warga kampung baru (foto/iman)

JAKARTA, AYOnews.com – Perayaan lebaran identik dengan bersilaturahmi dan saling bermaafan. Di sejumlah daerah, juga kerap diikuti dengan berbagai tradisi yang unik. Salah satunya di Kampung Baru RW 004, Ciledug Kelurahan Sudimara Barat Kota Tangerang


video/editor:iman

Pantauan AYOnews.com, warga di kampung ini saling bersalam-salaman dan maaf memaafkan mengunjungi yang lebih tua. Mereka bersama-sama yang lebih muda mendatangi yang lebih tua, walau pun yang lebih tua warga pendatang.

Sumarlan warga asal Kampung Baru menuturkan, tradisi ini sudah dilakukan oleh warga sejak tahun 1970-an. Hal itu tetap terjaga hingga saat ini. “Dari saya masih kanak-kanak setiap lebaran warga di sini menjalani tradisi saling bermaafan seperti ini. ” katanya, Jumat (15/6/2018).

Dia mengungkapkan salah satu alasan silaturahmi ini karena banyaknya warga yang masih berkerabat, sehingga nuansa kekeluargaan begitu terasa. Hal ini menciptakan kedekatan tiap warga sekaligus tak memutus tali silaturahmi antar mereka, karena harus meluangkan waktu untuk tradisi tersebut.

“Tradisi ini memang telah turun temurun dilakukan, sebagai bagian silaturahmi melepas bulan suci Ramadan. Dengan adanya tradisi ini, kami harus bisa meluangkan waktu sehingga bisa mempertahankan kedekatan tiap warga,” uja Sumarlan.


foto bersama warga dengan daru virgo (foto:iman)

Terpantau, seusai menjalankan salat id, banyak warga yang sudah bergabung menjalankan tradisi tersebut. Baik kalangan orang tua, dewas, remaja hingga anak-anak, dan bermaaf-maafan.

Tampak sekali keakraban dan kedekatan tiap orang dalam acara itu. Mereka saling menyapa dan bersenda gurau, serta merayakan bersama sukacita perayaan Hari Raya Idul Fitri.

daru virgo/Ayonews.com

Most Popular

To Top