Ibukota

Gerbang Semanggi-Cawang Ditutup

JAKARTA, AYOnews.com – Arus mudik Lebaran 2018 yang melintasi ruas Tol Jakarta-Cikampek menunjukkan lonjakan signifikan Selasa (12/6/2018) tengah malam hingga Rabu (13/6/2018) dini hari ini. Ruas utama keluar Ibu Kota lewat jalur darat itu dilanda kemacetan panjang di sejumlah titik.

Di gerbang tol Cikarang Utama, antrean kendaraan sudah mencapai puluhan kilometer. Pantauan iNews, di Kilometer 10, tepatnya di Simpang Susun Cikunir, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa malam laju kendaraan hanya berkisar 10 hingga 15 km per jam. Kendaraan sesekali bahkan tak bergerak.

Petugas Pusat Informasi Lalu Lintas Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Ahmadi mengatakan, kepadatan dipicu peningkatan jumlah kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Cikampek. Peningkatan mulai terjadi setelah waktu buka puasa Ramadan atau sekitar pukul 18.00 WIB.

“Kepadatan juga dipicu oleh antrean kendaraan yang keluar masuk di rest area KM 39,” kata Ahmadi di Bekasi, Selasa (12/6/2018). Menjelang malam, volume kendaraan yang masuk Cikampek kian meningkat.

Kepadatan itu pun berimbas pada pengalihan arus lalu lintas. Jasa Marga pada Selasa (12/6/2018) pukul 23.39 WIB menginformasikan terjadi kemacetan di KM 28 Tambun-Cikarang Barat. ”Pengalihan keluar Cikarang Barat dari arah Jakarta diberlakukan secara kondisional. Masuk kembali ke GT Cikarang Barat arah Cikampek,” bunyi pernyataan Jasa Marga melalui akun Twitter.

Selain itu, peningkatan jumlah kendaraan dalam tol juga berimbas pada Tol Dalam Kota arah Cawang. Polisi memberlakukan sistem buka tutup untuk mengurangi kepadatan. ”Tol Dalam Kota mulai dari Semanggi arah Cawang padat, petugas memberlakukan sistem buka tutup di pintu Gerbang Tol Semanggi 1,” tulis TMC Polda Metro Jaya di akun Twitter mereka.

Di tengah kemacetan panjang itu, pengendara yang membutuhkan informasi melalui call center Jasa Marga di nomor 14080 ternyata kesulitan untuk menghubungi. ”Saya telepon dari tadi sampai sekarang nada sibuk terus. Padahal saya mau minta info kondisi terkini,” kata Abdul, warga yang hendak mudik ke Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018).

Jasa Marga sebelumnya memperkirakan 92.229 kendaraan akan meninggalkan Ibu Kota melalui GT Cikarang Utama pada H-3 Lebaran atau Selasa kemarin. Ini meningkat 37 persen dibanding lalu lintas normal yang sekitar 67.000 unit.

Peningkatan volume kendaraan di ruas Tol Jakarta Cikampek diakibatkan oleh banyaknya karyawan swasta yang baru mulai berangkat mudik bersamaan dengan berakhirnya hari kerja. Jasa Marga mengimbau seluruh pengguna jalan tol mematuhi rambu lalulintas, tertib pada jalur, memperhatikan arahan petugas dan memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

sumber :iNews.id

Most Popular

To Top