Nasional

Survei Charta Politika: Jokowi Ungguli Prabowo di Pulau Jawa

JAKARTA, AYOnews.com – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil temuannya perihal elektabilitas calon presiden 2019, khusus di pulau Jawa. Hasilnya mayoritas masyarakat Jawa Barat memilih Jokowi Widodo (Jokowi) dengan perolehan 38 persen sedangkan Prabowo Subianto sebanyak 30 persen, kemudian di Jawa Tengah Jokowi 53 persen sedangkan Prabowo hanya 7 persen.

Tidak hanya di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Jokowi juga unggul di Jawa Timur dengan perolehan 47 persen sedangkan Prabowo hanya 24 persen. Hanya di daerah Banten, Prabowo mengalahkan Jokowi, keduanya bersaing ketat dengan selisih 2 persen.

“Di Banten hasilnya Prabowo unggul dengan perolehan 28 persen, Jokowi 26 persen, Gatot Nurmantyo 1 persen dan selanjutnya tokoh lainnya,” kata Direktur Charta Politika Yunarto Wijaya di Hotel Haris, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

Yunarto menjelaskan survei dilakukan pada 23-27 Mei 2018 dengan cara wawancara langsung terhadap 800 responden di Banten, 1200 responden di Jawa Timur dan 1200 responden di Jawa Barat, menggunakan metode acak atau multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Ini secara terbuka, kita hanya tanyakan dengan pertanyaan seandainya pemilihan presiden dilakukan hari ini siapa yang akan dipilih. Tanpa simulasi kertas suara, karena tidak menyertakan pilihan, yang tidak memilih masih lumayan banyak,” terangnya.

Begitu juga, saat dilakukan simulasi head to head antara Jokowi dan Prabowo. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih ungguli Prabowo di mayoritas pulau Jawa.

“Pada saat head to head, tingkat elektabilitas Jokowi unggul atas Prabowo. Di Jabar Jokowi 46 persen Prabowo 40 persen, di Jateng Jokowi 67 persen Prabowo 11 persen, di Jatim Jokowi 53 persen Prabowo 33 persen. Hanya di Provinsi Banten Jokowi kalah dari Prabowo,” katanya.

Most Popular

To Top