Nasional

Jembatan Widang di Tuban Siap Dilalui Pemudik

Jembatan Cincin Widang-Babat di Tuban, Jatim selesai diperbaiki pascaambruk beberapa waktu lalu. Jembatan itu kini siap dilalui pemudik.

TUBAN, AYOnews.com – Akses Jembatan Cincin Widang-Babat di Tuban, Jawa Timur yang putus beberapa waktu lalu kini sudah bisa dilalui para pemudik. Pembangunan jembatan tersebut sudah tuntas 100 persen.

Seluruh proses pengaspalan di jembatan penghubung Lamongan-Tuban ini tuntas, Minggu (3/6/2018) siang tadi berikut pemasangan marka jalan. Rencananya, Selasa (5/6/2018) mendatang dilakukan uji getaran, sebelum resmi difungsikan untuk arus mudik dan balik Lebaran.

Jajaran Polres Tuban, siang tadi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di jembatan tersebut. Dipimpin Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, rombongan meninjau seluruh ruas jembatan yang ada, termasuk di titik jembatan yang putus beberapa waktu lalu.

“Kita bersyukur, target penyelesaian perbaikan jembatan H-10 lebaran akhirnya terpenuhi. Hari ini, perbaikan selesai 100 persen dan tinggal dilakukan uji coba. Setelah itu, jembatan bisa dilalui,” kata Nanang.

Dia mengatakan, proses uji coba getaran akan berlangsung selama dua hari. Setelah itu, jembatan difungsikan seperti semula. Akses kendaraan dari Lamongan maupun sebaliknya, bisa memanfaatkan jembatan tersebut. “Untuk sementara kendaraan berat dibatasi maksimal 13 ton,” katanya.

Mengantisipasi tindak kriminalitas di wilayah Tuban, Polres Tuban akan menyiagakan 830 personel. Mereka akan ditempatkan di titik-titik rawan kriminalitas. Termasuk di perbatasan Lamongan, Gresik dan Jawa Tengah. “Seluruh personel kami sudah dilatih. Baik menggunakan motor maupun mobil. Sehingga siap mengamankan wilayah selama Operasi Ketupat 2018,” tandas Nanang.

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Binamarga Gatot Sulistyo Hadi memastikan bahwa Jembatan Cincin Widang akan dimanfaatkan untuk arus mudik Lebaran pada H-10. Sehingga kendaraan yang melintas di Jalur Pantura tidak menumpuk di ruas Jalan Deandels.

“Saat arus mudik, volume kendaraan di Jalur Pantura akan meningkat. Kalau hanya memanfaatkan jalur Deandels jelas tidak mampu. Karena itu, Jembatan Cincin Widang harus dipercepat pengerjaannya. Dan Alhamdulillah bisa selesai lebih cepat dari jadwal,” katanya.

sumber:iNews.id

Most Popular

To Top