Politik

Seluruh DPD Golkar Dukung Airlangga Jadi Cawapres Jokowi

JAKARTA, – DPP Partai Golkar diberi amanah untuk memperjuangkan posisi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 mendatang. Seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar telah menyatakan sepakat mendukung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto, maju menjadi cawapres Jokowi.

“‎Setuju, sudah bulat. Mereka sangat ingin. Ketum kita menjaga itu. Tapi dorongan ketua DPD sangat besar,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus saat menghadiri silaturahmi nasional (silatnas) DPD se-Indonesia dan buka puasa bersama di Kantor DPD I Golkar DKI, Jalan Pegangsaan Barat, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Acara silatnas DPD Golkar se-Indonesia itu dihadiri sejumlah tokoh Golkar seperti Jusuf Kalla, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto beserta jajaran DPP Golkar, serta sejumlah tokoh senior Golkar seperti BJ Habibie, Akbar Tandjung, Agung Laksono, dan Aburizal Bakrie.

Menurut Lodewijk, usulan DPD Golkar tersebut akan menjadi pembahasan bersama. Sebab, Airlangga Hartarto sendiri belum mau mendahului keputusan Jokowi perihal pendampingnya dalam kontestasi Pilpres 2019.

“Ketum kita cukup bijak. Bahwa pertama penentuan wakil presiden itu hak prerogatif Presiden, dan kedua juga beliau tidak ingin mendahului. Karena ini harus dibicarakan antar ketua umum koalisi yang mendukung Jokowi. Jadi dia tidak ingin mendahului. Tapi aspirasi itu memang dorongan untuk Pak Airlangga menjadi wakil presiden sangat kuat,” kata Lodewijk.

Airlangga mengakui sudah banyak menerima usulan dari kadernya terkait posisi cawapres untuk Jokowi. Airlangga mengatakan, akan mengusahakan agar mendapatkan posisi cawapres Jokowi tersebut. Namun, untuk mekanisme lebih jelasnya, Partai Golkar akan membahasnya usai pilkada serentak.

‎”Dalam pembahasan juga banyak usulan calon dari Partai Golkar atau opsi untuk mendampingi bapak Presiden, Partai Golkar kan memperjuangkan hak tersebut pasca pilkada nanti,” kata Airlangga.

daru

Most Popular

To Top