Hukum

Pembagian Dana Desa Tolikara Ricuh, 1 Warga Tertembak 10 Polisi Luka

JAYAPURA, AYOnews.com – Pembagian dana desa di Kampung Biuk, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, menyebabkan terjadinya kericuhan yang berujung bentrokan warga dan polisi. Seorang warga sipil tertembak dan 10 polisi terluka dalam insiden yang terjadi Senin (28/5/2018) tersebut.

Informasi yang dirangkum, kejadian berawal dari adanya dualisme kepala kampung yang saling ingin mendapatkan dana desa tersebut. Hal itu menyusul adanya dua surat keputusan (SK) kepala kampung, yang dikeluarkan bupati dan berasal dari tokoh masyarakat setempat.

Kericuhan yang terjadi pukul 16.00 WIT itu makin meluas setelah diduga ada oknum masyarakat yang memprovokasi sehingga menyerang polisi yang sedang berjaga jaga. Bentrokan antara warga dan aparat kepolisian pun tak terhindarkan.

Massa melempari aparat yang memaksa mereka melepaskan tembakan peringatan. Tembakan itu melukai satu warga yang terkena di bagian paha dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena untuk mendapat penanganan medis. Sementara 10 anggota polisi yang cidera itu mengalami memar dan luka lebam.

“Kericuhan itu terjadi saat pembagian dana desa untuk Kampung Biuk di Distrik Karubaga, hingga menyebabkan bentrokan akibat adanya dualisme kepala kampung,” kata Kapolres Tolikara AKBP Mada, Selasa (29/5/2018).

Mempertimbangkan persoalan keamanan, pembagian dana desa itu pun ditunda dan akan dilanjutkan Rabu (30/5/2018). Dana desa yang diserahkan masing masing kampung menerima sebesar Rp 450 juta dan Kabupaten Tolikara memiliki 45 distrik dengan 541 kampung.

iNews.id

Most Popular

To Top