Politik

Golkar: Partai Koalisi Jokowi Sudah Kuat

JAKARTA, AYOnews.com – Partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sekarang dinilai sudah cukup kuat. Bahkan, jumlahnya terus bertambah untuk kembali mengusung Jokowi dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini partai yang telah menyatakan dukungan kepada Jokowi terus menjalin komunikasi dengan partai di luar koalisi.

“Ya mungkin satu atau dua partai lagi (akan menyatakan dukungan),” ujar Airlangga di Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Dia menuturkan, partainya, termasuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura sudah menyatakan dukungan untuk Jokowi. Kemudian, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah menyatakan dukungan

Menurutnya, partai pendukung menyepakati akan membahas cawapres Jokowi secara bersama-sama setelah pelaksanaan pilkada serentak. “Memang strukturnya kini sudah terbentuk cukup kuat. Kalau lebih banyak pendukung lebih baik tapi tak perlu dipaksakan,” ucapnya.

Sebelumnya, PPP menepis kekhawatiran partai koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) akan buyar setelah pengumuman calon wakil presiden (cawapres). Bahkan, PPP yakin jumlah partai koalisi pendukung Jokowi akan bertambah.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy meyebutkan saat ini ada lima partai pendukung Jokowi. Selain PPP, ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, Partai NasDem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kalau hari ini hanya lima, saya meyakini pada saatnya nanti akan ada delapan partai politik yang mengusung Jokowi,” ujar Romahurmuziy usai menghadiri HUT ke-84 GP Ansor di Jakarta, Selasa, 24 April 2018 malam.
M.Daru Virgo Santoso/iNews.id

Most Popular

To Top