Megapolitan

Jusuf Kalla Ingatkan Pemasangan Speaker Masjid Mesti Strategis

JAKARTA, AYOnews.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan para pengurus (takmir) dan masyarakat luas agar memasang speaker secara strategis. Pemasangan yang sesuai fungsi akan menjadikan dakwah lebih didengarkan umat.

“Sebagai Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia), saya ingin menyampaikan bahwa selama ini suara masjid itu didengar, tetapi tidak dimengerti karena speaker berhadap-hadapan seperti di sini,” kata Wapres saat menghadiri acara buka puasa bersama masyarakat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan di Masjid Kementerian Sosial Jakarta, Sabtu (26/5/2018).

Menurut JK, posisi pemasangan alat pengeras suara atau atau pelantang menjadi penting bagi masyarakat yang beribadah di dalam masjid. Sekitar 80 persen keberadaan umat di masjid, kata dia, untuk mendengarkan khotbah dari pendakwah.

“Kalau kita ke masjid, 80 persen itu waktunya mendengar, 10 persen untuk ibadah, dan 10 persen doa. Maka begitu sound system jelek, maka 80 persen itu hilang khotbah-nya itu,” ujar JK.

Selain itu, Wapres juga berpesan kepada seluruh masyarakat asal Sulawesi Selatan di Jakarta untuk terus menjaga tali silaturahmi dan mendukung satu sama lain dalam hal baik.

Menjaga silaturahmi itu bisa dengan saling memperingatkan dan mendukung tentang pendidikan, usaha, dan kehidupan sehari-hari.”Semua menjadi bagian dari kita untuk menjaga hubungan-hubungan tersebut,” ujarnya.

JK sebelumnya mengungkapkan, pemasangan speaker masjid harus dilakukan bijak. JK meminta pengeras suara tak menimbulkan konflik, melainkan harus menjadi harmoni antara masjid dan masyarkat sekitar.

Sumber :iNews.id

Most Popular

To Top