Kesehatan

Hindari Kulit Kusam, 6 Trik Alami Ini Solusinya

JAKARTA, AYOnews.com – Kulit yang kusam memang akan mengganggu penampilan. Tidak mesti dengan perawatan mahal, Anda pun bisa melakukan cara alami untuk mendapatkan kulit yang cerah.

Kulit kusam memang permasalahan kulit yang paling umum dan sering dialami semua orang. Baik dari usia remaja, pria dan wanita, maupun ibu hamil.

Begitu banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kulit kusam seperti paparan sinar matahari dan debu, stres, kurang tidur, kurangnya konsumsi air, pola makan yang tidak sehat, obat-obatan tertentu, jarang berolahraga, atau sampai masalah hormonal.

Lalu, bagaimana cara kita menjaga agar kulit kita tetap sehat dan cerah? Apa saja perawatan kulit kusam? Berikut beberapa cara yang mudah dan alami yang dapat dilakukan sehari-hari untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan cerah, sebagaimana penjelasan dr Indah Julisa dari The Clinic Beautylosophy, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Konsumsilah Banyak Air Putih

Meminum air putih sebanyak delapan gelas per hari, sudah menjadi rahasia umum untuk menjaga kelembapan kulit. Aktivitas sehari-sehari tentunya akan mengurangi kandungan cairan tubuh seseorang. Jika cairan tidak dijaga, maka tubuh pun akan kekurangan cairan. Sehingga hal itu berdampak pada kulit, yaitu kulit menjadi kering dan kusam. Jadi, pastikan kulit Anda tetap terjaga kelembapannya agar selalu terlihat sehat dan cerah.

Hindari Junk Food

You are what you eat. Bagaimana keadaan kulitmu bergantung dengan makanan apa yang kamu makan. Lalu, mengapa junk food dapat menyebabkan kulitmu menjadi kusam? Pengolahan junk food hampir selalu menggunakan minyak yang sudah berkali-kali dipakai. Sehingga makanan yang dihasilkan pun mengandung lemak-lemak yang jahat dan tidak sehat, di mana itu akan memengaruhi kesehatan kulit. Tidak hanya kulit, bahkan bagi seluruh organ tubuh.

Sunblock is a Must

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan cerah. Selalu gunakan setiap kali ingin beraktivitas di luar rumah, baik pagi, siang, atau sore hari agar kulit terhindar dari dampak buruk sinar matahari. Tak hanya kulit kusam, tapi tabir surya sapat memperlambat proses penuaan pada kulit. Semakin putih warna kulit, maka sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki SPF tinggi.

Masker dan Luluran

Kulit tentunya tidak hanya membutuhkan makanan dari dalam, namun dari luar. Lakukanlah perawatan kulit di rumah seperti melakukan masker dan luluran dua sampai tiga kali seminggu. Gunakanlah masker atau lulur yang mengandung vitamin C dan E, aloevera, bengkoang, madu, atau bahan-bahan lainnya untuk menjaga kulit tetap lembap dan cerah.

Olahraga Teratur

Setiap hari mungkin kita selalu terpapar oleh radikal bebas yang ada di lingkungan sehari-sehari. Olahraga dapat membantu mengeluarkan toksin-toksin atau racun di tubuh kita melalui keringat. Sebaiknya lakukan olahraga sekitar tiga sampai lima kali seminggu, minimal 30 menit sehari.

Banyak Konsumsi Vitamin dan Antioksidan

Dengan bertambahnya usia, tidak dapat dipungkiri kita membutuhkan vitamin yang lebih, di samping dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mengonsumsi vitamin dan antioksidan dalam bentuk tablet atau kapsul, membantu kita mempertahankan kelembaban kulit, serta menjaga tetap awet muda. Pastikan Anda mendapatkan dosis yang sesuai menurut anjuran dokter.

Manjakan Diri dengan Perawatan di Klinik Kecantikan

Kadang memanjakan diri dengan berbagai macam treatment di klinik kecantikan juga diperlukan. Di zaman yang modern ini, sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan dimulai dari facial, mikrodermabrasi, peeling, laser, sampai infus pemutih untuk menjauhkan kulit dan kekusaman. Tapi, pastikan memilih klinik dan dokter yang tepat untuk tetap menjaga kecantikan kulit Anda.

Most Popular

To Top