Internasional

Pesawat Saudi Arabian Airlines Mendarat Darurat Tanpa Roda Depan

JEDDAH, AYOnews.com – Pesawat Saudi Arabian Airlines yang berangkat dari bandara Madinah menuju Dhaka, Bangladesh, terpaksa dialihkan penerbangannya ke di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Senin (21/5/2018) malam waktu setempat.

Pesawat Airbus A330-200 itu mengalami masalah hidrolik yang menyebabkan roda depan macet.

Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV3818 itu sempat memutar di atas bandara Jeddah selama dua jam sebelum mendarat dalam kondisi hidung pesawat menyentuh langsung landasan pacu sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Akibatnya, bagian depan pesawat mengalami kerusakan parah.

Usai mendarat, para penumpang menjalani evakuasi dari pintu darurat. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun banyak penumpang yang mengalami syok.

Pesawat mengangkut 151 penumpang dan kru. Sebanyak 70 penumpang menjalani pemeriksaan medis, di mana empat di antaranya harus dibawa ke klinik.

“Pilot beberapa kali berusaha untuk memperbaiki kerusakan pada roda depan namun gagal. Selanjutnya, Airbus 330 melakukan pendaratan darurat dalam kondisi roda depan macet,” kata juru bicara Saudi Arabian Airlines, Abdurrahman Al Tayyib, dikutip dari Khaleej Times.

Dia menyebutkan kerusakan terjadi pada sistem hidrolik TC-OCH yang membuat roda depan macet.

Most Popular

To Top