Hukum & Kriminal

Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris di Probolinggo

PROBOLINGGO, AYOnews.com – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap pelaku terduga teroris di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim). Hingga kini, Densus 88 sudah mengamankan lima terduga teroris dan terus melakukan pengembangan untuk mengetahui jaringan lain.

Terduga teroris yang diamankan berinisial ALH (37). Densus 88 menangkap ALH di kawasan Jalan Brantas pada Senin (21/5/2018), ketika pulang dari bekerja. Densus 88 Antiteror dibantu anggota Polres Probolinggo Kota dan Kodim 0820 selanjutnya menggeledah rumah terduga teroris untuk mencari barang bukti di Dusun Siwalan, Kelurahan Kedung Dalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Selasa (22/5/2018) siang.

Untuk sementara, tim gabungan hanya menemukan sebuah avometer, laptop, kabel, dan teropong. Selanjutnya barang bukti tersebut dibawa petugas untuk didalami lebih lanjut.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, penangkapan ALH berawal dari penangkapan empat pelaku terduga teroris sebelumnya di kawasan Perumahan Sumber Taman Indah. Kelima terduga teroris diamankan petugas karena keterlibatannya dalan aksi terorisme pengeboman di Surabaya dan Sidoarjo.

“Tentunya kami mem-backup Densus 88. Setelah kemarin kami mengamankan satu terduga teroris di daerah Kademangan dan kami temukan beberapa barang bukti, sat ini kami melakukan pengembangan dengan menggeledah rumah orang tua terduga teroris. Sampai hari ini, kami sudah mengamankan lima terduga teroris,” kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal.

Terduga teroris sebelumnya dikenal warga sebagai sosok yang tertutup dan baru saja tinggal di desa ini. Setiap pulang bekerja, ALH tidak pernah keluar rumah bergaul dengan masyarakat. “Yang saya tahu kalau dia keluar katanya untuk berjamaah. Saya tiga kali melihat dia memegang senapan angin, katanya mau latihan, tapi tidak ditunjukkan di mana,” kata warga, Suparlan.

Most Popular

To Top