Internasional

Biaya Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle

WINDSOR, AYOnews.com – Pernikahan antara Pangeran Harry dan Meghan Markle menyita perhatian dunia. Pernikahan kerajaan ini menghabiskan dana hingga puluhan juta poundsterling meski hanya menebar 600 undangan.

Melihat serangkaian prosesi pernikahan keduanya yang begitu mewah, para perencana pernikahan sepakat biaya yang dihabiskan mulai dari kue pernikahan hingga penutup kursi, sangat mahal.

Dikutip dari BBC, Minggu (20/5/2018), pernikahan yang digelar di Windsor, Inggris itu mengundang 600 tamu, plus 200 orang untuk resepsi. Jumlah ini belum termasuk anggota kerajaan yang mencapai 1.500 orang. Angka ini nantinya sangat berpengaruh pada biaya pengamanan.

Departemen Dalam Negeri Inggris menolak membocorkan biaya pengamanan pernikahan tersebut dengan alasan terkait “keamanan nasional”. Biasanya pernikahan para bangsawan Inggris menelan dana 6,35 juta poundsterling untuk dana pengamanan polisi, namun dalam kasus pernikahan Harry dan Megan bisa dipastikan angkanya melebihi itu.

Bridebook, laman penyedia jasa pernikahan, memperkirakan biaya pernikahan mereka bisa mencapai 32 juta poundsterling atau sekitar Rp600 miliar, termasuk biaya pengamanan. Biaya lainnya antara lain kue pernikahan 50.000 poundsterling, bunga 110.000 poundsterling, katering 286.000 poundsterling, venue 350.000 poundsterling, baju 300.000 poundsterling dan lain-lain. Perhitungan tersebut dengan asumsi pihak kerajaan membayar dengan harga pasar.

Pertanyaan selanjutnya, siapa yang membayar itu semua? Biaya pengamanan akan dibayar oleh para pembayar pajak di Inggris. Kepolisian akan menalangi setiap pengeluaran terlebih dahulu, kemudian mengajukan klaim kepada Kementerian Dalam Negeri. Jumlah ini bisa saja membengkak karena kepolisian memiliki akses untuk mendapat dana hibah khusus (special grant funding) sebagai imbalan atas pekerjaan di luar wewenang mereka.

Selain dana pengamanan, biaya pernikahan itu akan ditanggung oleh Keluarga Kerajaan. Setiap tahun, keluarga yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini menerima bantuan dana dari Kementerian Keuangan Inggris. Bantuan tersebut dihitung dari persentase pendapatan atas aset properti milik Kerajaan yang tersebar di Britania Raya termasuk daerah elit di London Barat. Pada tahun ini, aset itu diprediksi menghasilkan 82 juta poundsterling.

Sejumlah anggota Keluarga Kerajaan juga memperoleh penghasilan tambahan. Pangeran Charles misalnya, mendapatkan uang dari Duchy of Cornwall estate yang memiliki portofolio tanah, properti, dan investasi keuangan.

Partai Republik mengkritik pernikahan Keluarga Kerajaan yang terlalu megah. Mereka mengklaim biaya yang dikeluarkan lebih dari 82 juta poundsterling dan mengajukan petisi karena uang para pembayar pajak digunakan untuk membiayai pernikahan tersebut.

Most Popular

To Top