Nasional

Jembatan Gantung di Merangin Putus, Belasan Warga Terjatuh ke Sungai

MERANGIN, AYOnews.com – Jembatan gantung sepanjang sekitar 100 meter di Kelurahan Dusun Baru, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Jambi putus, Selasa (15/5/2018). Akibatnya, belasan warga yang sedang berada di jembatan itu terjun bebas ke sungai.

Dari belasan warga tersebut, delapan orang di antaranya mengalami luka parah. Mereka kemudian dilarikan ke Puskesmas Tabir untuk mendapat perawatan medis. Sedangkan Sembilan orang lainnya hanya menjalani rawat jalan karena hanya mengalami luka ringan.

Belum diketahui pasti penyebab pasti kejadian itu. Namun, dugaan sementara jembatan gantung tersebut putus karena tali penopang dan pengait jembatan tidak kuat menahan beban warga yang melintas di jembatan gantung tersebut.

Camat Tabir, Sobraini mengatakan putusnya jembatan gantung itu berawal ada gelaran adat. Tradisi itu menarik perhatian masyarakat sekitar. Mereka berbondong-bondong menyaksikan prosesi adat tersebut. “Saat itu, ada sekitar 300 warga yang menonton. Mereka sebagian duduk dan ada juga yang berdiri di atas jembatan gantung tersebut. Tiba-tiba jembatan putus dan sebagian warga terjatuh ke sungai,” katanya.

Dia menyebutkan, belasan warga yang terjatuh dari jembatan tersebut kebanyakan ibu-ibu dan anak. Jembatan gantung putus diduga karena kelebihan beban. “Ada sekitar 17 warga lebih yang menjadi korban jembatan putus. Ada yang luka-luka biasa dan ada yang patah tulang,” ucapnya.

Peristiwa putusnya jembatan itu kini ditangani Polres Merangin. Polisi langsung mengolah tempat kejadian dan memasang police line di lokasi jembatan gantung.

M.Daru Virgo Santoso
Https://www.iNews.id

Most Popular

To Top