Hukum & Kriminal

3 Terduga Teroris dan 1 Perempuan di Tangerang Bukan Sekeluarga

JAKARTA, – Tiga terduga teroris dan seorang perempuan diamankan petugas Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri dalam penggerebekan di Tangerang, Banten, Rabu (16/5/2018). Mereka ditengarai sebagai anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang ingin melakukan serangkaian penyerangan.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, setelah penggerebekan berlangsung di Jalan Raya Gempol, RT 4 RW II, Kunciran Indah, Pinang, Tangerang, Banten pagi tadi, tim Densus 88 mengembangkan penyidikan dengan menggeledah dua tempat.

Pertama, Kompleks Bintaro Cluster dan kedua, Jalan Delima Kunciran Mas Permai, Tangerang. Dalam penggerebekan di Kunciran, diamankan sejumlah orang. ”Ada 3 orang, inisial MC, GH, dan A, serta seorang perempuan. Mereka bukan keluarga,” kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

BACA JUGA: Densus 88 Gerebek Terduga Teroris di Tangerang, 3 Ditangkap

Setyo menjelaskan, dalam penggeledahan di dua lokasi, polisi mengamankan barang bukti 1 sepeda motor, 2 handphone, dan 3 dokumen-dokumen.

Upaya yang dilakukan polisi yakni dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan sterilisasi garis polisi di lokasi 100 meter dari lokasi kejadian. ”Lain-lain masih dalam penyidikan,” kata dia.

Berdasarkan data yang dihimpun iNews.id, dalam penggerebekan yang berlangsung sekitar pukul 12.04 WIB ini, dua di antara terduga teroris diidentifikasi sebagai Muhammad Choir dan Ghofar.

Keduanya disinyalir melakukan pelatihan semimiliter di Sukabumi dalam rangka perencanaan amaliyah (serangan).
Mereka juga diduga merencanakan penyerangan di sejumlah mako/pos polisi di wilayah Bogor, Bandung, Jakarta dan Mako Brimob Kelapa Dua Depok menggunakan senjata dan panah yang busurnya dilengkapi bom di ujung serta pisau komando.

Most Popular

To Top