Internasional

Jelang Ramadhan, Masjid Pertama di Pulau Lewis Skotlandia Dibuka

STORNOWAY, AYOnews.com – Masjid pertama yang dibangun di Kepulauan Barat, Skotlandia, telah dibuka menjelang awal Ramadhan. Bangunan toko yang hampir terabaikan di Stornoway, di Isle of Lewis, itu diubah menjadi tempat ibadah.

Masjid ini tersedia bagi komunitas Muslim Western Isles yang berjumlah lebih dari 50 orang. Masjid ini dibuka agar masyarakat muslim bisa beribadah saat bulan puasa yang dimulai pada 15 Mei.

Hingga saat ini, keluarga Muslim beribadah di rumah mereka sendiri dan memesan ruang komunitas untuk merayakan festival keagamaan.

Aihsham Rashid asal Leeds memimpin proyek pembangunan masjid. Dia mendukung upaya penggalangan dana yang menghasilkan lebih dari Rp1,1 miliar untuk biaya pembangunan masjid.

Sudah ada komunitas Muslim di Kepulauan Barat sejak 1945.

Selama tahun 1980-an dan 1990-an, komunitas muslim tumbuh menjadi 80 orang, sebelum jumlah akhirnya berkurang menjadi sekitar 25 anggota.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai bertambah setelah keluarga yang melarikan diri dari konflik di Suriah bermukim di pulau-pulau tersebut.

M.Daru Virgo Santoso
https://www.inews.id

Most Popular

To Top