Hukum & Kriminal

Setelah Diserbu, 10 Napi Teroris Tersisa Akhirnya Juga Menyerah

AYOnews Depok
Drama penyanderaan oleh narapidana teroris di Rutan Cabang Salemba, Kompleks Mako Brimob Kelapa Dua Depok telah berakhir. Sebanyak 155 tahanan menyerah ke aparat kepolisian tanpa ada perlawanan, walaupun sebelumnya 10 di antaranya enggan menyerahkan diri.

Menteri Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjelaskan aksi napi teroris berakhir sebelum fajar. Dia mengatakan sebelum menyerbu para napi, aparat kepolisian sudah memberikan ultimatum.

“Kami berikan ultimatum akan melaksanakan serbuan, menyerah atau mengambil risiko dari aparat kepolisian Indonesia,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Kompleks Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5/2018).

Menurut Wiranto ultimatum yang diberikan mempunyai batas waktu tertentu, setelah itu kepolisian langsung menyerbu. a�?Mereka menyerah tanpa syarat tidak ada negosiasi tidak ada tawar menawar dan kami minta mereka keluar satu per satu dari lokasi mereka,” katanya.

Menurutnya, setelah para napi keluar, tenyata hanya ada 145 dari 155 yang keluar satu per satu dengan menanggalkan senjata yang digunakan untuk melawan petugas.

“Mereka juga sudah merampas senjata kurang lebih 37 unit bukan senjata organik militer atau organik kepolisian tapi senjata hasil sitaan dari aparat kepolisian pada saat melakukan operasi melawan terorise sebelumnya,” ujarnya.

Daru Virgo Santoso
Sumber:iNews.id

Most Popular

To Top