Komunitas

Tips Sederhana Merawat Shockbreaker Motor

Kondisi shockbreaker sangat berpengaruh pada kestabilan dan kenyamanan berkendara, sehingga Anda harus telaten mewaratnya agar awet.

DEPOK
Sistem suspensi alias peredam kejut atau shockbreaker merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Alat ini berfungsi sebagai peredam guncangan dan menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan.

Jadi, sudah sewajibnya pemilik kendaraan selalu merawat dan memperhatikan kondisi suspensi baik depan maupun belakang. Hal ini agar terhindar dari kerusakan, seperti bocor atau karat.

“Shockbreaker rusak biasanya karena kotoran yang menyumbat pada bagian seal. Gesekan naik-turun tersebut mengakibatkan karet seal shokbreaker sobek,” ujar Haeva Chesaria, mekanik Beji’s Motor di Depok, Jawa Barat, Senin (7/5/2018).

Dia mengatakan kondisi shockbreaker sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Dia pun memberikan tips cara merawat shockbreaker terutama pada bagian belakang.

“Pertama-tama, siapkan air yang telah dicampur sabun, busa serta lap kering. Kemudian, siram terlebih dahulu bagian shockbreaker hingga ke bagian as dalam untuk menghilangkan kotoran yang menyangkut,” kata Haeva.

Selanjutnya, kata Haeva, gosok bagian dalam menggunakan busa atau lap yang sudah direndam air sabun. “Sebaiknya gunakan sabun yang kadarnya tidak terlalu keras, bisa menggunakan sabun pembersih piring atau shampo, karena lebih lembut dan tidak merusak part kendaraan,” ujarnya.

Kemudian, bilas hingga kotoran tidak tersisa. Keringkan dengan lap bersih mulai dari bagian as bawah hingga bagian dalam mengikuti bagian ulir shockbreaker.

“Demi menjaga kebersihan dan fungsi, sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan. Lakukan pembilasan setiap kali digunakan terkena air hujan atau terkena genangan air kotor,” kata Haeva.

Sumber:iNews.id

Most Popular

To Top