Liputan Khusus

Ada Demo Buruh, Penumpang Kereta Stasiun Gambir Menumpuk di Jatinegara

Aksi unjuk rasa yang digelar elemen buruh di kawasan Monas dan Istana Negara berdampak pada jadwal kereta api di Stasiun Gambir, Selasa (1/5/2018). Penumpang kereta jarak jauh tujuan Stasiun Gambir terpaksa diturunkan di Stasiun Jatinegara untuk menghindari kemacetan lalu lintas di kawasan Jakarta Pusat.

“PT KAI justru khawatir penumpang yang turun dan naik dari Gambir terjebak kemacetan dan huru-hara adanya aksi di sana”, kata Wakil Kepala Stasiun Jatinegata Rizal Kasenda, Selasa (1/5/2018).

Kebijakan itu menyebabkan penumpukan penumpang di Stasiun Jatinegara. Rizal mengatakan, hingga pukul 14.00 WIB, sedikitnya 300 penumpang turun di Stasiun Jatinegara. Ditambah lagi penumpang lokal kereta rel listrik (KRL).

Menurut Rizal, bukan hanya penumpang turun, PT KAI juga memberlakukan pemberangkatan dari Stasiun Jatinegara. Bagi penumpang kereta jarak jauh yang berangkat dari Gambir bisa naik dari Jatinegara.  “Kita sediakan pemberangkatan juga”, ucapnya.

Rizal mengatakan, khusus hari ini, PT KAI telah merubah jadwal operasional kereta keberangkatan dan tiba di Stasiun Gmbair dari pukul 07.00-19.15 WIB.

“Stasiun Jatinegara hari ini memberangkatkan 24 kereta api jarak jauh, seperti tujuan Bandung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur”, ujar Rizal.

Seorang penumpang Aninditya mengatakan, meski memaklumi kebijakan PT KAI tersebut, dia menyesalkan kurangnya sosialisasi kepada penumpang pada hari-hari sebelumnya. Pasalnya, penumpang tujuan Bandung-Gambir ini terlanjur memarkirkan mobilnya di kawasan Stasiun Gambir.

“Saya terlanjur parkir di Jakarta Pusat, kereta saya harusnya turun di Gambir tetapi hanya sampai Jatinegara”, kata dia.

Most Popular

To Top