Internasional

Fasilitas Kerja Nyaman, Ini 5 Perusahaan Pesaing Google

AYOnews Jakarta
Google telah lama dinilai sebagai perusahaan terbaik dalam menyediakan fasilitas kerja bagi karyawan. Saat ini, banyak perusahaan yang mencoba hal semacam itu untuk menarik pekerja-pekerja bertalenta terbaik.

Sebab, generasi milenial yang mulai memasuki dunia kerja lebih tertarik dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan dan merepresentasi anak muda. Berikut lima perusahaan yang memberikan fasilitas istimewa untuk para pekerjanya yang tidak kalah dari Google dikutip dari CNBC, Minggu (29/4/2018):

1. Facebook

Media sosial terbesar ini menawarkan rumah gratis dan layanan antar-jemput untuk pekerjanya sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin. Facebook terpilih sebagai tempat kerja terbaik versi Glasdoor, situs pencari kerja, pada 2018.

Pekerja mendapatkan makanan gratis tiga kali sehari dan stok makanan berlimpah, ruang kerja yang menyenangkan, acara sosial perusahaan, jam kerja yang fleksibel, dan asuransi kesehatan serta jiwa. Selain itu bagi pekerja wanita, Facebook menawarkan cuti hamil selama empat bulan juga penggantian biaya untuk mengasuh anak bagi pekerja yang telah berkeluarga.

Kemudian, Facebook memperbolehkan para pekerjanya untuk memilih smartphone dan software komputer kerjanya masing-masing. Hal ini dinilai bisa meningkatkan produktivitas para karyawan jika bekerja menggunakan perangkat yang nyaman digunakan.

2. Boxed

Perusahaan yang dirintis dari garasi rumah ini berfokus pada penjualan berbagai macam barang mulai dari peralatan rumah tangga sampai bahan makanan secara grosir sejak 2013. CEO Boxed Chieh Huang sempat menjadi bahan perbincangan pada 2016 karena menawarkan untuk membayar pernikahan pekerjanya hingga 20.000 dolar AS.

Semenjak saat itu, kebijakan ini telah ditetapkan untuk seluruh karyawan yangn bekerja full time. Selain itu, perusahaan juga memenuhi biaya empat tahun kuliah bagi anak-anak pekerjanya, tidak termasuk sewa kamar dan pembelian buku.

Boxed juga memberikan pekerjanya saham perusahaan yang mana hal ini sangat langka dilakukan oleh perusahaan start up. Di samping fasilitas yang menggiurkan, Chieh juga menciptakan budaya yang bersahabat di antara pekerjanya. Tak jarang, ia menggunakan pakaian yang tidak mencolok dan mengunjungi pekerjanya untuk sekadar menyapa maupun mendengarkan permasalahan pekerjanya.

3. Netflix

Perusahaan layanan streaming ini menawarkan pekerja hingga satu tahun cuti untuk laki-laki setelah kelahiran ataupun adopsi anak. Saat masa cuti tersebut, pekerja tetap menerima gaji dari perusahaan.

Menurut juru bicara perusahaan, Netflix juga memiliki kebijakan untuk tidak membatasi liburan dan tidak melacak waktu istirahat pekerjanya. Hal ini juga dilakukan oleh perusahaan LinkedIn, Evernote, dan Pocket.

“Itu adalah bagian dari budaya bebas dan tanggung jawab kami yang kami percaya karyawan dapat menyeimbangkan untuk melakukan pekerjaan hebat dengan memiliki kehidupan yang seimbang,” kata Corporate Communications Netflix, Marlee Tart kepada CNBC.

Selain itu, perusahaan juga memberikan fasilitas lainnya seperti asuransi kesehatan, menggratiskan makan siang dan snack.

4. Goldman Sachs

Perusahaan bank investasi global ini menyediakan pengasuhan anak di kantor, hingga bantuan pembayaran kredit pelajar. Uniknya, perusahaan ini menawarkan untuk menutupi biaya untuk operasi penggantian kelamin pekerjanya seperti yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Accenture.

Selain itu, meski pekerja menghabiskan waktu berjam-jam untuk bekerja, mereka diberikan kesempatan untuk bersantai dengan menyediakan fasilitas olahraga seperti pilates dan tai chi harian, bahkan di kafetaria telah disediakan bubble tea.

5. Amazon

Perusahaan ritel raksasa ini menawarkan membayar selama 20 minggu cuti untuk pekerja yang baru memiliki anak, bahkan bagi pasangan pekerjanya yang tidak bekerja di perusahaan tersebut untuk ikut mengambil cuti. Pekerja Amazon juga menikmati makan siang, happy hour setiap Jumat, dan dapat membawa anjing peliharaannya ke tempat kerja.

Most Popular

To Top