Pariwisata

Sunrise Candi Plaosan Jogyakarta

Ayonews , Jogyakarta

Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi . Candi Budha dibagi menjadi dua bagian , Plaosan Lor ( lor : utara ) dan Plaosan Kidul ( kidul : selatan ) . Hal ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 selama pemerintahan Rakai Pikatan .

Argumen ini didukung oleh Sri Kahulunan prasasti tertanggal 842 AD yang menyatakan bahwa Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan dengan dukungan dari suaminya . Diperkirakan bahwa Ratu Sri Kahulunan adalah Pramodhawardhani , putri Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra . Dia menikah dengan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya . Pramodhawardhani adalah Buddha sedangkan Rakai Pikatan adalah Hindu . Candi ini dikenal sebagai simbol cinta mereka .

Plaosan terletak di Dusun Bugisan , Desa Prambanan , Kecamatan Klaten , Jawa Tengah . Sekitar 20 Km ke arah timur Yogyakarta atau 1,5 Km dari Candi Sewu .

Sunrise di jogja tdk hanya puncak kebun buah dan kaliadem, namun di candi plaosan juga kita dapat melihat sunrise , Jelas Ana Satono Pengelolah Alexa_Jogja Tour.

Bila kita liburan di kota Jogyakarta jangan dilewatkan mengunjungi candi Plaosan di sore hari untuk melihat sunrise jelasnya (cinta)

Most Popular

To Top