Nasional

Demi Kemajuan Bangsa Jangka Panjang, ICMI Dukung Jokowi Jabat Presiden 2 Periode

Ayonews, Bogor
Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyatakan dukungannya kepada Ir Joko Widodo untuk menjabat Presiden RI selama dua periode.

“Dengan tetap senantiasa berpikir kritis, tidak perlu dan tidak boleh ragu lagi untuk mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo selama sepuluh tahun,” ujar Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie, seusai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (8/12/2017).

“Bukan untuk kepentingan orang per orang, melainkan semata-mata untuk kemajuan bangsa dalam jangka panjang,” lanjut dia.

ICMI berpendapat, pembangunan sebuah negara memerlukan proses yang panjang. Tak cukup hanya lima tahun saja.

Pola kepemimpinan pemerintah di Indonesia sendiri, lanjut Jimly, hanya memungkinkan seorang Presiden menjabat lima tahun dengan maksimal dua periode saja.

Karena itu, Jimly mengatakan, tak ada salahnya memberikan kesempatan bagi sebuah pemerintahan untuk meneruskan pembangunan hingga dua periode.

“Meskipun pola kepemimpinan dalam sistem demokrasi yang kita bangun ini bersifat lima tahunan, tapi kita perlu memberi tekanan kepada pentingnya kesinambungan ya,” ujar Jimly.

Jimly menegaskan, ICMI menekankan pentingnya stabilitas dalam negeri agar pemerintah dapat melanjutkan pembangunan dengan baik.

“Diperlukan pemerintahan yang stabil pada setiap sepuluh tahun dengan kepemimpinan yang sungguh-sungguh bekerja nyata untuk rakyat, bersikap konsisten,” ujar Jimly.(***)

Most Popular

To Top