Ekonomi

Pemerintah Gelar Sayembara untuk Pemerataan Infrastruktur Telekomunikasi

Ayonews.com, Jakarta- Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendorong pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi melalui penggunaan dana Universal Service Obligation (USO). Pemerataan ini terutama di daerah yang masuk wilayah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan) serta perbatasan.

Dalam hal ini, Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) mendapatkan tugas untuk melaksanakan itu. Di antaranya dengan membangun base station (BTS) USO.

“BP3TI sampai awal tahun 2017 sudah membangun BTS USO di 234 lokasi daerah 3T dan kawasan perbatasan Indonesia,” kata Direktur Umum BP3TI Fadhilah Mathar di Jakarta, Jumat 22 September 2017.

Fadhilah menjelaskan desa yang menjadi target USO secara bisnis merupakan wilayah dengan potensi marginal bagi penyelenggara telekomunikasi. Pasalnya posisinya relatif terpencil.

“Secara keseluruhan, saat ini masih ada sekitar 8.388 desa target USO dari total 82.353 desa atau kelurahan di Indonesia,” ujar dia.

Pemanfaatan atau optimalisasi BTS USO di lokasi yang sudah dibangun masih belum signifikan. Alhasil BP3TI dan Kominfo berupaya menggelar sayembara bakti nasional tentang pemanfaatan BTS USO tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza menjelaskan, bahwa penyelenggaraan sayembara ini bertujuan untuk mendapatkan konsep solusi pemanfaatan atau optimalisasi Base Station (BTS) USO yang sudah dibangun oleh BP3TI.

“Sayembara ini juga diharapkan dapat meningkatkan brand awareness tentang BP3TI terutama mengenai program BTS USO sebagai sistem jaringan telekomunikasi seluler untuk wilayah 3T dan daerah perbatasan Indonesia dengan membuka sebesar-besarnya partisipasi publik, akademisi dan para penggiat telekomunikasi,” kata Noor.

Sementara itu, untuk teknis sayembara dipaparkan oleh Konsultan dari Universitas Indonesia Dr. Yohan Suryanto. ST. MT. Sayembara ini terdiri dari tiga kategori. Kategori tersebut meliputi karya-karya dalam bidang fotografi, sinematografi dan karya tulis yang menjelaskan pengalaman serta konsep pemanfaatan BTS USO.

 

Most Popular

To Top