Tokoh

Prananda Surya Paloh Ajak Masyarakat Peduli Tax Amnesty

Ayonews, Jakarta
Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasional Demokrat Dapil Sumut 1, Prananda Surya Paloh mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap Tax Amnesty sebagai wujud kontribusi rakyat dalam membangun ekonomi bangsa.
Karena itu, Prananda menemui Dirjen Pajak Kemenkeu RI Ken Dwijugiasteadi untuk berdiskusi seputar pentingnya sektor pajak sebagai ujung tombak pendapatan negara.

“Saya sengaja mengunjungi kantornya. Saya melihat pentingnya sektor pajak sebagai ujung tombak pendapatan negara. Kemudian bagaimana tantangan negara dalam mengumpulkan pajak dari pendapatan masyarakat. Apalagi citra pajak sempat terpuruk akibat perbuatan kriminal segelintir oknum petugas dan pengusaha” ujar Prananda dalam kunjungannya ke Kantor Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Jalan Gatot Subroto, Kavling 40-42, Jakarta
Menurutnya, pajak harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan negara. Sementara pada saat awal administrasi Presiden Joko Widodo mendapat kesulitan fiskal dan bisa dikatakan sempat pada periode krisis.

Prananda juga mengungkapkan beberapa fakta tentang banyaknya dana – dana masyarakat Indonesia yang ternyata lebih banyak menetap di luar negeri ketimbang di dalam negeri. Padahal pendapatan pajak di Indonesia dinilai masih cukup rendah.

“Gagasan yang sangat “out of the box” digulirkan dengan filosofi Forgive to Releave. Meskipun Negara kita rendah pendapatan pajaknya namun kenyataannya banyak dana masyarakat pergi ke bank – bank luar negeri tanpa diketahui negara. Atau penghasilan besar dari individu – individu yang tak terdeteksi oleh instrument pajak Negara,” tutur Prananda saat menggambarkan fakta tersebut.

Prananda juga mengakui bahwa untuk meyakinkan masyarakat agar sadar pajak melalui Program Tax Amnesty bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, dengan semangat yang tinggi dan penuh komitmen, kepercayaan masyarakat dalam mengikuti Tax Amnesty pun perlahan mulai menunjukkan hasil positif.
“Ternyata ada kesadaran baru yang muncul. Pertama Trust terbangun antara masyarakat dan pemerintah dan kedua Nasionalisme baru pun tumbuh. Hasil Tax Amnesty dari beberapa gelombang menghasilkan 145 Trilyun Rupiah,” ungkap Prananda penuh keyakinan.

Dalam kesempatan tersebut, Prananda juga menyampaikan apresiasi penuhnya kepada pemerintah khususnya kepada Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani atas kerja kerasnya dalam menjalankan program Tax Amnesty ini.

“Saya ingin mengapresiasi kerja keras dari Dirjen Pajak Kemkeu RI Bapak Ken Dwijugiasteadi dengan jajarannya yang bekerja sepenuh hati untuk mewujudkan program ini. Tentu tak lupa dengan dedikasi penuh dari Menteri Keuangan RI Ibu Sri Mulyani,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prananda mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar turut berpartisipasi aktif dalam mengikuti Program Tax Amnesty.

“Dengan ini saya ingin mengetuk hati pada patriot bangsa yang mempunyai penghasilan lebih untuk mengikuti program Tax Amnesty sebagai hak warga negara. Semoga suara saya bisa menyentuh hati seluruh warga Negara sebagai satu bangsa yang sedang membangun dirinya,” tandasnya.(***)

Most Popular

To Top