Hukum

Dicopotnya Dandim Lebak Usai Melatih FPI Bela Negara, Seskab: Ini Pelajaran!

Ayonews, Jakarta 

Latihan Bela Negara antara Kodim Lebak dengan Ormas FPI berbuntut pencopotan Dandim 06/03 Lebak Letkol Czi Ubaidilah. Pasalnya, latihan tersebut tak sesuai prosedur kepada sebuah organisasi masyarakat.

Seskab Pramono Anung menilai hal ini sebagai pelajaran.

“Persoalan ini jadi pelajaran, pengalaman berharga, bagi siapa pun yang ingin membuat acara seperti itu,” kata Pramono di kantornya, Gedung III Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2017).

Pramono sebelumnya berkomunikasi dengan Pangdam Siliwangi terkait peristiwa ini. Menurut informasi yang diperolehnya, pemilik pondok pesantren lokasi pelatihan bela negara itu kebetulan salah satu petinggi ormas yang bersangkutan.

Pramono kemudian menambahkan, nantinya materi bela negara akan dirumuskan oleh Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas). Sehingga tak ada lagi tumpang tindih mengenai siapa yang bisa memberikan pelatihan.

“Tugas bela negara diatur Wantanas karena sekarang baru diputuskan dan perpres disiapkan untuk bela negara, domainnya Wantanas. Wantanas yang akan jawab itu,” ujar Pramono.

Latihan bela negara digelar Kodim Lebak untuk anggota Front Pembela Islam (FPI) Banten. Foto-foto latihan ketahanan dan ketangkasan sempat diunggah akun Instragram Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam (DPP FPI) melalui akun dpp_fpi, pada Minggu (8/1/2017) pukul 10.15 WIB.(***)

Most Popular

To Top