Politik

Buntut Pelatihan Bela Negara TNI-FPI, Mantan Dandim Lebak Tak Diberi Jabatan

Ayonews, Jakarta
Buntut pelatihan bela negara yang diselenggarakan Kodim Lebak pada 5-6 Januari 2017 bersama laskar FPI di Lebak, Banten, posisi Komandan Kodim 0603 Lebak, Banten, digantikan oleh Letnan Kolonel ARH Syafa’ Susanto.

Pergantian jabatan tersebut merupakan sanksi akibat menyalahi peraturan karena kegiatan tersebut tidak melapor dulu ke atasan. Ketika ditanya apakah Dandim keberatan dengan sanksi tersebut, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer III Siliwangi Kolonel ARH M. Desi Arianto mengatakan yang bersangkutan bersedia melaksanakan perintah.
“Melaksanakan perintah. Harus diikuti itu. Sekarang tidak diberi jabatan,” kata Desi kepada Suara.com, Senin (9/1/2017).
Sebelum ditugaskan menjabat Dandim 0903 Lebak, Letkol ARH Syafa’ menjabat Kepala Seksi Teritorial Komando Resor Militer 064 Serang. Syafa’ pernah menjabat Danyon Arhanudse-14 Kodam III/ Siliwangi. Dia alumni Akmil 1999.

Desi menegaskan penyelenggaraan program bela negara intinya harus sesuai prosedur.

“Ada prosedur yang harus ditaati, lapor dulu, berjenjang. Misalnya lapor Danrem, Pangdam, kan seperti itu. Nanti yang menentukan Pangdam,” kata Desi.

Ketika ditanya apakah setelah peristiwa kemarin, proses penerimaan peserta bela negara akan lebih selektif, Desi enggan menjawab pertanyaan ini karena bukan kewenangannya.

Kemarin, Desi Ariyanto menegaskan latihan di Lebak yang diikuti oleh anggota FPI bukan latihan militer sebagaimana isu yang berkembang di media sosial.

“Bersama ini perlu disampaikan bahwa seluruh kegiatan latihan tersebut bukanlah latihan militer, tetapi latihan bela negara,” katanya

Desi Ariyanto mengatakan pelatihan bela negara bertujuan untuk memupuk kecintaan masyarakat kepada negara dan bangsa.

“Dari itu semua perlu kiranya masyarakat pahami bahwa tujuan dari kegiatan bela negara pada dasarnya adalah untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada bangsa dan negara,” kata dia.

Kasus ini mengemuka setelah foto-foto pelatihan diunggah di Twitter, @DPP_FPI. FPI menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan pelatihan pendahuluan bela negara.

“TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten,” tulis akun FPI.(***)

Most Popular

To Top