Pilgub

Mengerahkan Anak Kecil Berkampanye, Timses AHY Ngeles, Panwaslu Cuma Melongo

Ayonews, Jakarta
Saat berkampanye ke wilayah Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu Sabtu (7/1/2017), banyak anak kecil belum berumur ikut meneriakkan yel-yel dukungan. Bahkan tak sedikit di antara mereka memakai kaos dan jersey dukungan pada AHY-Sylvi.

Namun Timses Agus-Sylvi berkilah bahwa aksi dukungan anak-anak kecil itu tak bisa dikendalikan. Parahnya, anggota Panwaslu bernama Wahyu cuma bisa melongo. Saat ditanya soal adanya anak kecil memakai atribut kampanye, terkesan membiarkan. Dia  mengaku tak tahu-menahu soal itu.

“Belum lihat. Belum bisa dilaporkan. Saya lagi kontrol,” ujar Wahyu saat dimintai konfirmasi.

“Seperti kita lihat di lapangan, tim sukses, simpatisan, dan relawan terus mengingatkan anak-anak untuk tidak mendekat kegiatan kampanye Agus, itu yang pertama. Kedua, simpatisan dan relawan sudah mengingatkan orang tua untuk tidak memakaikan baju atau jersey kampanye Agus-Sylvi,” ujar Rico di salah satu rumah makan di Jakarta Pusat,

“Kalau ada anak-anak yang mendekat, selalu kita imbau untuk menjauh dan itu memang sulit dikontrol bila orangtua mengajak anak-anaknya karena di gang sempit dan digendong untuk bersalaman dengan paslon Agus-Sylvi,” tambahnya.

Selain itu, kata Rico, kehadiran anak-anak saat Agus berkampanye adalah suatu bentuk kegembiraan. Yang bisa dilakukan tim Agus-Sylvi hanya mencegah kehadiran anak-anak di kampanye semaksimal mungkin.

Politisi Partai Demokrat ini pun mengatakan sosialisasi oleh kordapil telah dilakukan kepada masyarakat agar tak ada anak-anak dalam kampanye Agus. Meski demikian, hal itu tetap sulit diatasi karena ini merupakan suatu bentuk kegembiraan rakyat.

“Biasanya kordapil mensosialisasikan bahwa kampanye tak boleh melibatkan anak-anak, tak boleh pakai baju paslon, tidak menempel spanduk yang tidak sesuai ketentuan. Tapi hal itu sangat sulit diatasi. Ini karena bentuk kegembiraan rakyat dalam pesta demokrasi, saya sangat yakin hal ini dialami juga oleh paslon lain,” paparnya.(***)   

Most Popular

To Top