Ekonomi

Selalu On Time Bayar PBB, Mbah Wasem Dapat Hadiah Motor Matic

Ayonews, Tegal

Mbah Wasem (70), warga Desa Tembongwah RT 1/RW 3 Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal bernasib mujur. Perempuan lanjut usia itu mendapat hadiah sepeda motor dari Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Tegal.

Berkerudung kuning dan kebaya putih lengkap dengan jarit motif batik, Wasem datang ke pusat pemerintahan Kabupaten Tegal di Slawi untuk menjemput hadiah berupa sepeda motor automatic, Sabtu (31/12). Ternyata, hadiah itu karena Wasem selalu on time alias tepat waktu membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Mbah Wasem mengaku tak menyangka memperoleh hadiah itu. “Ora nyangka mas olih hadiah motor (tidak menyangka dapat hadiah sepeda motor, Red). Ini hadiah pertama selain dari suami,” tuturnya seperti diberitakan radartegal.com
.

Dia mengaku tak tahu bahwa ada iming-iming hadiah bagi warga yang membayar PBB tepat waktu. Sebab, Wasem menganggap membayar pajak sudah menjadi kewajiban. “Saya hanya melaksanakan apa yang dianjurkan pemerintah,” ujarnya polos.

Menurutnya, setiap menerima tanda pembayaran PBB, Mbah Wasem langsung menemui pamong desa untuk membayarnya. Nilai yang dibayar sekitar Rp 70 ribu.

“Saya membayar PBB untuk lahan dan bangunan rumah. Besarnya Rp70 ribuan. Setiap tahun saya bayar dan alhamdulillah sebelum jatuh tempo sudah dibayarkan,” tutur dia.

Lantas, apa rencana Wasem dengan sepeda motor hadiah Pemkab Tegal itu? Menurutnya, speda motor itu akan membantu aktivitasnya sebagai petani.

“Nanti akan digunakan ke sawah, karena setiap hari saya bekerja di sawah,” katanya.

Sementara Sekretaris Desa Tembongwah Karomallah menyebut Mbah Wasem patut dijadikan teladan. Sebab, Mbah Wasem dengan penuh kesadaran diri dan keikhlasan membayar pajak tanpa paksaan.

“Ini bisa dijadikan sebagai contoh dan ditiru oleh warga masyarakat wajib pajak yang lain. Agar selalu tepat waktu dalam membayarkan PBB-nya,”ucap Karomallah.(***)

Most Popular

To Top