Uncategorized

Berapa Sih Jumlah Peserta Aksi 212 yang Hadir? Begini Hitungan Matematikanya…

Ayonews, Jakarta
Aksi doa dan dzikir bersama atau Aksi Bela Islam III pada Jumat (2/12/2016) kemarin disebut lebih banyak ketimbang Aksi Bela Islam II. Banyak pihak yang berspekulasi dan berkalkulasi soal jumlah massa aksi dalam Aksi Bela Islam III.
Ada yang menyebut jumlahnya 7 juta, ada juga 2 juta, 1 juta, bahkan Cuma ratusan ribu peserta aksi. Tergantung dari sudut pandang mana spekulasi dan kalkulasi klaim jumlah massa aksi Bela Islam III.
Seorang kaskuser mencoba berkalkulasi soal jumlah massa peserta Aksi 212 atau Aksi Bela Islam III.  Kaskuser dengan Id Chaisim ini memperkirakan jumlah massa yang hadir dengan hitungan matematika sederhana.

Berikut hitungan Id Chaisim dalam tulisannya:
 Met malam agan2 sekalian.
Sebelumnya TS Thread Starter (Kaskuser yang memulai) ingin mengucapkan bahwa TS hanya menumpahkan perbincangan TS dengan bbrp teman sore tadi.
TS merasa perbincangan tersebut sgt bagus utk di tuangkan di kaskus.

Seperti tema di atas, sebetulnya berapa sih jumlah perserta yg hadir di 212?

Ada bbrp medsos yg santer memberitakan pesertanya mencapai 7jt an, ada yg bilang 2jt an, dsb nya. Bahkan ada pula bbrp media memberitakan pesertanya 250rb an. Nah yg bener yg mana, agan2 pasti ada yg penasaran juga kan?

Nah ternyata ada metode untuk menghitung massa tersebut gan.

Nih caranya.

1. Brp banyak orang dewasa yg bisa kita tempatkan di dalam ruang sebesar 1 meter persegi ? Mari asumsikan 4 orang. Itu pun sudah berdesakan keknya deh.

2. Seandainya jumlah peserta adalah benar 7jt orang, brp meter persegi yg di butuhkan utk memuat orang sebanyak itu?
Jawab : 7jt : 4orang = 1.750.000 meter persegi.

3. Lalu secara visual bagaimana bisa mengukur tanah seluas 1.750.000 meter? Kalau agan ikut ke monas, juga ga mungkin mengukur apa benar orang sebanyak itu memenuhi tanah seluas 1.750.0000 meter persegi. Apalagi kalau hanya liat di foto.

Jawab : jgn ukur tanahnya, tp ukurlah dengan panjang jalan. Inilah mengapa pihak yg berwajib, media massa, dll bisa menyimpulkan dengan cepat.

Di asumsikan, lebar jalan thamrin adalah 50 meter. Dengan asumsi lebar tersebut, berarti panjang jalan yg dibutuhkan untuk menampung 7jt orang adalah
1.750.000 : 50meter = 35.000 meter. (35km). Artinya…….. Untuk memenuhi syarat peserta 7jt orang, seharusnya memenuhi jalan sepanjang 35km. Dengan asumsi lebar jalan harus 50 meter, dan kepadatan peserta harus 4 orang/ meter persegi.

Lalu gimana kalau peserta mengular sepanjang 2km?

Tinggal di balik ngitungnya gan.
Asumsi sepanjang jalan tersebut lebarnya 50 meter
50 meter x 2000 meter = 100.000 meter
Setiap meter persegi memuat 4 orang. 100.000 meter x 4 = 400.000 orang

Gituloh bro.

Semoga bermanfaat , 😘 Met malam agan2 sekalian.

Most Popular

To Top