Nasional

Demo 4 November, Jokowi, Prabowo dan Tokoh Agama Berpesan: Jangan Anarki dan Membuat Perpecahan

Ayonews, Jakarta

Demo akbar akan digelar pada Jumat 4 November 2016. Pesan-pesan sejuk untuk mendinginkan suhu politik yang memanas ini disampaikan mulai dari Presiden Joko Widodo, para politisi hingga tokoh agama.

Beberapa kelompok Umat Islam akan mengadakan demo besar-besaran sebagai kelanjutan protes atas pernyataan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diduga menistakan agama. Aksi ini akan dihadiri beberapa tokoh politik. Di antaranya Fadli Zon dan Fahri Hamzah, termasuk tokoh-tokoh Islam seperti Aa Gym, Amin Rais dan lainnya. Demo akan dilakukan salah satunya ke Istana dan Balai Kota DKI.

Pernyataan Ahok menyinggung surat Al Maidah ayat 51 dalam pidatonya di Kepulauan Seribu. Atas pernyataan itu, Ahok juga dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama. Kasus ini masih bergulir di Bareskrim dan Ahok juga sudah memberikan kesaksian.

Presiden Jokowi menegaskan demonstrasi adalah hak setiap warga negara. Namun, dia berpesan agar pendemo tidak memaksakan kehendaknya apalagi melakukan aksi anarkis.

Imbauan senada juga disampaikan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mengingatkan agar tidak ada upaya untuk memecah-belah bangsa dalam aksi tersebut.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pun mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh isu SARA. Para tokoh agama meminta seluruh elemen bangsa menjaga dan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.(***)

Most Popular

To Top