Pilgub

Cagub Anies & Cawagub Sandiaga Santun dan Dermawan, Tapi Nggak Punya Visi & Prinsip Buat Jakarta

Ayonews, Jakarta
Sebuah lembaga survei bernama Media Survei Nasional (Median) melakukan tanya jawab  kepada warga Jakarta soal karakter Cagub dan Cawagub yang akan bertarung di Pilkada DKI 2017 mendatang.

Dengan mengambil sample sebanyak 500 responden  dan dengan margin of error sebesar kurang lebih 4,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, Median  melakukan survei  sejak 26 September-1 Oktober 2016. Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi kotamadya dan gender.

Dari hasil survei, bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dianggap memiliki karakter yang santun dan cerdas. Sebanyak 13,6 persen responden yang merupakan warga Jakarta memandang Anies sebagai sosok yang ramah dan santun.

“Kemudian 10,0 persen responden memandang Anies adalah seorang yang cerdas, 4,0 persen responden memandang Anies sebagai pemimpin yang berkharisma,” kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, di Bumbu Desa Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016).

Memang dari sisi kesantunan, Anies lebih unggul dibanding dua penantang lainnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Agus Harimurti Yudhoyono. Namun,  1,4 persen responden belum mengetahui visi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Sebanyak 0,8 persen responden menganggap Anies tidak punya prinsip.

“Orang-orang masih belum mengerti, visinya kurang jelas. Belum mengerti apa yang dibawa ke Jakarta,” kata Rico.

Pasangan Anies pada Pilkada DKI Jakarta 2017, yaitu Sandiaga Uno dipandang sebagai sosok dermawan. Sebanyak 6,0 persen responden menilai Sandiaga merupakan seorang dermawan. Kemudian 4,8 persen responden memandang Sandiaga sebagai sosok yang santun, ramah, dan membela rakyat kecil.

Namun, 3,0 persen responden menilai Sandiaga tidak memiliki pengalaman politik dan 1,4 persen responden memandang Sandiaga kurang tegas.

“Sekarang tergantung tiga pasangan calon masing-masing. Hasil ini masih sangat mungkin akan berubah,” kata Rico.(***)

Most Popular

To Top