Gaya Hidup

Destinasi Wisata Lampung

Ayonews, Jakarta

Salah satu tujuan liburan yang menarik di Indonesia adalah mengunjungi tempat wisata yang terkenal di wilayah Lampung. Obyek alam yang memiliki panorama indah mendominasi di kawasan yang terletak di sebelah selatan pulau Sumatera. Anda siap menjelajah alam yang indah dan tak terlupakan? Silakan ikuti panduan di bawah ini.

 

taman-nasional-way-kambas-1

 

Taman Nasional Way Kambas

Tempat menarik ini identik dengan binatang gajah. TNWK berada di wilayah Lampung timur yang mengkhususkan sebagai taman perlindungan satwa Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang sudah mulai berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang tempat wisata ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air.

 

Pulau Pahawang

Obyek taman laut yang indah di tempat wisata ini sangat memukau pengunjung baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kawasan ini berada di kecamatan Punduh Pidada kabupaten pesawaran. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.084 hektar ini terbagi menjadi 2 pulau, yaitu pulau pahawang besar dan pulau pahawang kecil. Mengunjungi pulau pahawang hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga penyeberangan Ketapang untuk naik perahu menuju pulau pahawang besar. Di pulau ini tersedia penginapan yang cukup terjangkau sebagai tempat bermalam sebelum keesokan paginya menyelam.

 

gunung-krakatau

 

Gunung Krakatau

Lokasi tempat wisata menarik dan terkenal di Lampung  ini berada di Selat Sunda. Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1883, dan sekarang yang dapat anda kunjungi adalah “anaknya” yang setiap tahun mengalami perubahan semakin tinggi. Saat ini Gunung Krakatau sudah menjadi daerah konservasi alam, oleh karena itu, untuk memasuki area Gunung Krakatau, Anda harus memiliki ijin terlebih dahulu. Ijin ini dapat diperoleh dari balai konservasi Lampung. Jika anda tidak ingin repot, silakan membeli paket tour yang dikelola travel agent, agar mereka mengurus perijinan memasuki kawasan gunung Krakatau ini.

 

 

Air Terjun Curup Tujuh

Air terjun ini terletak di Desa Margajaya Kecamatan Padang Ratu, yang dapat dicapai dalam waktu 2 jam dari Gunung Sugih. Lokasi air terjun ini berada pada kawasan hutan lindung yang berada di desa Margajaya. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda empat dan selanjutnya dengan motor Trail sewaan menuju batas hutan lindung di mana air terjun berada. Konon kabarnya, keindahan air terjun Curup Tujuh merupakan saingan Curup Maung yang merupakan andalan tempat wisata di Palembang. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal cara mencapai lokasi air terjun yang harus melewati hutan. Jadi hanya pengunjung yang memiliki fisik prima saja yang mampu menikmati keindahannya.

 

menara-siger

 

Menara Siger

Berupa bangunan indah berwarna kuning yang saat ini menjadi ikon Lampung. Berdiri cantik di atas sebuah bukit, Menara Siger adalah titik nol jalan lintas Sumatera yang sudah menjadi salah satu tempat transit dan tempat wisata di Lampung. Untuk dapat memasuki kawasan Menara Siger, Anda harus membayar tiket masuk dan biaya parkir terlebih dahulu. Menara Siger adalah bangunan kebanggan masyarakat provinsi Lampung karena mempunyai arsitektur tradisional. Mungkin anda mash belum pernah atau jarang mendengar tempat wisata ini. Memang tempat ini masih belum mendapat perhatian banyak dari wisatawan. Menara ini dilengkapi dengan berbagai info termasuk peta kabupaten se provinsi Lampung. Warna kuning pada bagian atap seolah sebagai penunjuk arah bagi pengguna jalan lintas Sumatera. jadi bisa dibilang fungsinya seolah bagaikan mercusuar di pantai Anyer.

 

Pantai Pasir Putih

Terletak sekitar 20 KM dari kota Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit karena dekat dengan ibukota, hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit saja. Pantai Pasir Putih menawarkan pemandangan laut yang menawan, dan hamparan pasir pantai yang bersih. Fasilitas tersedia adalah shelter, toilet, kamar bilas dan kapal motor, ,dll. Pantai ini selalu ramai pengunjung pada hari-hari libur. Salah satu penyebabnya mungkin karena biaya masuk ke Pantai ini sangat terjangkau. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pasir Putih adalah bersantai, berenang, dan yang menarik adalah berperahu menuju Pulau Condong. Kita bisa sewa perahu dari Pantai Pasir Putih dengan biaya sewa yang juga terjangkau.

 

Tempat-tempat untuk liburan yang super menarik, bukan? Obyek wisata di lampung yang telah kami sampaikan kepada anda tersebut sangat layak dimasukkan ke dalam agenda kunjungan pada saat musim libur mendatang. Selamat berlibur! (NA)

 

 

Sumber : Wisatania.com

Most Popular

To Top