Internasional

Francois Hollande Sebut Balasan AS Terhadap Serangan 9/11 Turut Tingkatkan Ancaman Teror di Prancis

Ayonews, Paris 

Presiden Prancis Francois Hollande menyebut dampak dari balasan Amerika Serikat (AS) terhadap serangan 9/11 justru meningkatkan ancaman teror. Dampaknya, turut dirasakan di wilayah Prancis yang beberapa waktu terakhir marak dilanda serangan teror.

Dalam pernyataannya via Facebook untuk mengenang dan menghormati korban tragedi 9/11, seperti dilansir AFP, Senin (12/9/2016), Hollande menyinggung kembali headline halaman depan surat kabar Le Monde edisi sehari setelah tragedi 9/11 terjadi 11 September 2001 silam.

“Iya, pada hari itu, kita semua merasa seperti warga Amerika,” tulis Hollande.

Namun Hollande juga kritis terhadap AS, terutama terkait balasan AS terhadap pelaku serangan 9/11 yang diyakini jaringan Al-Qaeda. Ditambah, selama 1,5 tahun terakhir, Prancis diguncang serangkaian serangan teror yang memakan banyak korban jiwa.

“Respons yang diberikan pemerintah Amerika terhadap serangan ini… jauh dari memberantas ancaman, malah meningkatkannya ke area lebih luas. Sebut saja Irak,” sebutnya, merujuk pada invasi AS ke Irak tahun 2003.

“Dan meskipun Prancis, melalui (mantan presiden) Jacques Chirac, dengan tepat menolak bergabung intervensi (ke Irak) yang dikecamnya, Prancis ikut menjadi korban konsekuensi kekacauan yang disebabkannya,” imbuh Hollande.

Pernyataan Hollande itu juga dipandang merujuk pada munculnya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), dibentuk oleh sejumlah mantan anggota Al-Qaeda di Irak. ISIS yang merajalela hingga ke Suriah, telah mendalangi sebagian besar serangan teror di negara-negara Barat dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Prancis yang dinyatakan sebagai target utama.

Pada November 2015, ISIS mendalangi serangan teror di Paris yang menewaskan 130 orang. ISIS juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan truk pembantai massal di Nice pada Juli lalu, yang menewaskan 86 orang.

Hollade menyebut, setiap serangan teror yang terjadi saat ini seperti membangkitkan serangan 9/11, dengan banyaknya ‘korban yang terkubur hidup-hidup, masa depan hancur dan keluarga yang berduka’.

“Jangan menyerah pada ketakutan,” seru Hollande kepada rakyatnya sembari menegaskan bahwa demokrasi akan menang pada akhirnya.(***)

Most Popular

To Top