Nasional

Soal Isu Arcandra Kembali Jabat Menteri ESDM, Ini Jawaban Istana

Ayonews, Jakarta 

Setelah sah menjadi warga negara Indonesia (WNI) Arcandra Tahar diisukan bakal kembali menjabat sebagai Menteri ESDM. Pihak istana pun bereaksi soal isu yang menyebar di kalangan pejabat dan wartawan.
Apa kata istana?

“Saya tidak tahu kalau itu. No comment-lah, saya enggak tahu juga. Nanti kita tunggu lah,” kata Mensesneg Pratikno di Kompleks Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2016).

Pratikno juga mengaku dirinya tak ikut menentukan siapa yang akan isi jabatan Menteri ESDM nantinya. Tetapi hingga saat ini menurut dia tak ada pembicaraan untuk menempatkan Arcandra ke jabatan tertentu.

Soal pemerintah yang meneguhkan kewarganegaraan Indonesia untuk Arcandra, itu merupakan ranah Menkum HAM untuk menjelaskan. Pratikno hanya menekankan bahwa pemerintah hanya melindungi warga negara yang kehilangan kewarganegaraannya.

“Jadi sejauh yang kami terima adalah karena beliau sudah benar-benar confirm kehilangan kewarganegaraan Amerikanya dan juga dia sudah kehilangan warga negara Indonesianya. Kita menggunakan perlindungan bahwa tidak boleh ada seseorang yang tanpa kewarganegaraan itu kewenangannya Menkum HAM untuk memberikan itu,” tutur Pratikno.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi saat berada di Laos menyatakan akan memanggil Arcandra besok (9/9) pagi. Jokowi akan kembali ke Tanah Air malam ini.

Sementara itu Arcandra tadi menghadiri acara yang dihelat oleh relawan Projo. Di acara pendukung Jokowi itu Arcandra bicara soal energi dan dia pun sempat disapa ‘Pak Menteri’. (***)

Most Popular

To Top