Hukum & Kriminal

Diburu Polisi, Keluarga Melindungi Kaburnya Sang Predator Anwar Alias Rijal

Ayonews, Jakarta
Predator seks sekaligus pembunuh anak, Anwar alias Rijal berhasil ditangkap aparat Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis sore (14/7/2016) di Kampung Barengkok, Batok, Tenjo, Kabupaten Bogor. Keluarganya terkesan melindungi Anwar dari perburuan polisi.

anwar alias rijal

Pihak keluarga Anwar mengaku begitu mendapat kabar kalau Anwar kabur dari LP Salemba dan menjadi buronan polisi, pihak keluarga langsung melapor ke polisi. Sayangnya, tidak jelas pihak keluarga melapor ke polisi mana. Pengakuan ini di ungkapkan kakak ipar Anwar bernama Nining. Dia mengatakan melapor polisi lantaran takut adiknya diamuk massa. Apalagi polisi telah menyebar foto Anwar di berbagai media.

Nining pun mengungkapkan, suaminya telah menyarankan agar Anwar menyerahkan diri. Namun, nasihat suaminya tidak diindahkan oleh Anwar.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Budi Hermanto membantah pihak keluarga melaporkan keberadaan Anwar di lokasi tersebut. Menurutnya, jika keluarga melapor polisi sudah sejak awal pelarian Anwar ditangkap.

“Ini murni kerja keras polisi di lapangan dari interogasi saksi. Bahkan, kalau tidak diamankan di rumahnya, pelaku sudah siap-siap mau kabur ke Kalimantan,” ucap Budi.

Kanit V Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Handik Zusen menambahkan penangkapan Anwar hasil kerja keras tim khusus yang menyebar ke tempat sanak saudara Anwar.

Tim tersebut mengetahui alamat keluarga Anwar karena saat kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang dilakukan Anwar, jajaran Resmob juga yang mengungkap.

“Intinya bukan keluarga yang melapor keberadaan Anwar. Tapi ini karena hasil penyelidikan polisi yang ngejar Anwar dari hari kedua Lebaran sampe hari ini. Nah kami pantau itu rumah-rumah keluarganya semua,” kata Handik.

Anwar merupakan narapidana dalam kasus pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur. Perbuatan keji dan sadis Anwar terjadi pada 22 Oktober 2015 di area Perhutani Petak 17 Resort Pemangkuan, Hutan Tenjo, Desa Pangaur, Jasinga, Kabupaten Bogor.

Ia sedang menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 23 Juni lalu terkait kasus tersebut. Majelis hakim yang dipimpin Binsar Gultom memvonis hukuman penjara seumur hidup kepada Anwar. Putusan hakim itu sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum.(***)

Most Popular

To Top