Gaya Hidup

IKAN ATAU AYAM?

Ayonews, Jakarta

Ikan dan ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Masing-masing memiliki kelebihan dan kandungan nutrisi istimewa tersendiri, walau ada pendapat yang menyatakan bahwa daging sapi kurang sehat jika dikonsumsi berlebih. Berikut perbedaan kandungan nutrisi dari ikan dan daging yang dapat Anda tela’ah sendiri mana yang lebih baik.

Asam lemak omega-3 di ikan

Ikan mempunyai asam lemak omega-3 yang merupakan lemak baik. Lemak ini membantu menyehatkan jantung serta menghindarkan dari efek lemak trans yang buruk bagi kesehatan. Daging tidak punya zat ini.

Protein

Jika dibandingkan antara ikan dan daging, kandungan protein per gram dari kedua jenis makanan itu lebih unggul ikan. Selain itu, banyak yang mengatakan mengonsumsi ikan dalam porsi yang sedikit sudah membuat mereka kenyang, berbeda dengan ayam atau daging.

Asam amino

Daging memiliki lebih banyak macam asam amino ketimbang ikan. Ini membuat daging lebih baik dikonsumsi jika Anda ingin membentuk otot yang besar dan bagus, sebab asam amino merupakan elemen pembangun otot.

Bahaya merkuri

Beberapa waktu lalu beredar kabar pencemaran laut dengan zat bernama merkuri, yang membuat ikan yang hidup di dalamnya pun terdampak. Merkuri yang terdapat dalam ikan dapat berbahaya bagi manusia yang mengonsumsinya, sehingga lebih baik memilih ikan yang bukan berasal dari wilayah pencemaran.

Hormon buatan

Daging ayam dan sapi pada peternakan sebagiannya telah diberi suntikan hormon percepat pertumbuhan yang secara tak langsung akan mempengaruhi manusia yang mengonsumsinya. Sedangkan ikan laut, tidak.

Nah, terserah Anda hendak memilih mana yang lebih sehat, sebab masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. (NA)

Sumber : Sidomi.com

 

 

Most Popular

To Top