Megapolitan

6 Juta Biker Keluar Jakarta, Malam ini Puncak Pemudik Pengguna Sepeda Motor

Ayonews, Jakarta

Sabtu malam (2/7/2016) ini menjadi puncak para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pasalnya warga Jakarta sudah mulai libur dari pekerjaannya.

“Prediksi kami nanti malam akan lebih ramai pemudik yang menggunakan sepeda motor,” ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Sabtu (2/7/2016).

Meski diprediksi, 5 – 6 juta orang  mudik ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor, Budiyanto mengatakan bahwa pemudik di tahun ini masih didominasi oleh pengguna alat transportasi umum sebanyak 17,6 juta orang. Mereka terdiri dari penumpang jalan, angkutan kereta api, angkutan laut dan angkutan udara.

Sedangkan, masyarakat yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi masih didominasi oleh pengendara sepeda motor sebanyak 5,6 juta orang. Sementara yang menggunakan mobil pribadi sebanyak 2,4 juta orang.

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Ramadniya 2016. Operasi itu akan diselenggarakan selama 16 hari terhitung sejak 30 Juni hingga 15 Juli 2016. Sebanyak 6.984 personel disiagakan dalam operasi tersebut.

Polda Metro Jaya juga akan mendirikan 122 pos, yang terdiri atas 88 pos pengamanan, 27 pos pelayanan, dan 7 pos pelayanan khusus kendaraan roda dua.

Adapun ketujuh lokasi pos pelayan khusus roda dua atau checkpoint yakni:

  1. Pasar Tambun di Kabupaten Bekasi. (Chekpoint 1)
  2. TL Perdana di Jalan Teuku Umar, Bekasi. (Chekpoint 2)
  3. Terminal Kalijaya di Jalan RE Martadinata, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Chekpoint 3)
  4. SGC Cikarang di Jalan RE Martadinata, Kabupaten Bekasi. (Chekpoint 4)
  5. Pasar/Stasiun Lemah Abang. (Chekpoint 5)
  6. Wilayah Konjengkang di Cikarang Timur. (Chekpoint 6)
  7. Wilayah Kedung Waringin. (Chekpoint 7).(***)

Most Popular

To Top