Gaya Hidup

Olahraga yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Ayonews, Jakarta

Tidak sempat adalah jawaban yang paling sering didengar saat pertanyaan “sudah olahraga?” dilontarkan. Tidak sempat atau tidak mau? Kini tak ada alasan lagi untuk berolahraga, sekaliun bagi anda yang sibuk, berikut 3 gerakan andalan yang bisa dilakukan di rumah atau di kantor, tanpa alat bantuan olahraga yang spesifik.

Bodyweight Squat

body squatSquat menjadi salah satu olahraga yang menjadi idola perempuan, karena bisa mengencangkan otot bokong dan paha secara maksimal. Gerakan dasar squat adalah:

  • Rentangkan kaki sejajar dengan bahu dan luruskan tangan.
  • Masukkan otot perut, gerakan tubuh ke bawah seperti mau duduk serendah yang Anda bisa tapi jangan sampai jongkok, ya.
  • Tahan 5-10 detik, dan kembali berdiri dan ulangi sebanyak 15-20 kali setiap hari.

Kalau belum pernah melakukan squat sebelumnya, coba dengan menempelkan punggung di dinding untuk meringankan beban.

push up

Push-Ups

Gerakan ini bisa membantu menguatkan otot lengan, mengencangkan perut dan juga paha. Push-Ups bisa dilakukan di pagi hari saat bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun. Jika sebelumnya belum pernah melakukan push-ups, coba lakukan dengan bantuan dinding sebagai tumpuan. Caranya:

  • Berdirilah di depan dinding dan letakkan kedua telapak tangan di dinding tersebut sejajar dengan bahu.
  • Mundurkan kedua kaki sedikit ke belakang hingga tubuh Anda dan dinding membentuk sudut sekitar 45 derajat.
  • Mulailah lakukan gerakan seperti ingin mendorong dinding dengan berat badan ditumpu ke dada dan lengan. Ulangi sebanyak 20-25 kali.

Jika sudah terbiasa, bisa lakukan di lantai. Mulailah dengan lutut menempel pada lantai. Kalau sudah merasa mampu, lakukan gerakan push-ups sempurna dengan memindahkan tumpuan dari lutut ke kaki untuk menambah beban latihan.

Dead Bug Crunches

Nama gerakannya memang lucu tapi gerakan yang ini merupakan gerakan favorit, karena selai melatih otot tangan paha dan perut bawah, dan bisa untuk melatih otot rahim juga. Nah, coba lakukan gerakan ini, ya:

Dead-Bug

  • Rebahkan tubuh, angkat kedua tangan lurus ke atas. Tarik nafas lalu tahan dan rasakan otot bokong dan rahim ikut mengencang.
  • Tekuk kaki kiri hingga membentuk 90 derajat. Turunkan tangan kanan sejajar dengan kepala. Buang nafas, turunkan kaki, naikkan tangan seperti posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.
  • Tukar posisi tangan dan kaki, ulangi 10 kali lagi.

Pasti kalau baru pertama kali melakukan akan terasa tekanan di perut dan pegal pada lengan. Tapi tidak apa-apa, jangan berhenti dan lakukan secara rutin.

Bagaimana, Ternyata mudah, kan, gerakannya? Mungkin yang terasa lebih sulit adalah memulainya. Tapi kalau tidak hari ini, kapan Anda mau memulainya? Yuk, olahraga demi hidup yang lebih sehat dan berkualitas. (NA)

 

Most Popular

To Top