Gaya Hidup

Menghitamkan Rambut Secara Alami

Ayonews, Jakarta

Rambut warna hitam yang dimiliki oleh sebagian besar orang di Indonesia akan sangat indah bila terlihat sehat, lebat, dan mengkilat (berkilau). Saat memasuki usia tua, memiliki rambut berwarna putih (uban) itu adalah hal yang wajar, namun sayangnya saat ini beberpa orang memiliki uban meskipun usianya masih muda, ataupun permasalahan kesehatan rambut lainnya yang sering ditemui, seperti warna rambut yang kusam berwarna kemerahan.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka Anda harus mengetahui cara menghitamkan rambut secara alami yang akan dibahas dalam artikel ini. Cara ini dapat membantu mengembalikan kilau hitam alami rambut kesayangan Anda.

kemiri

Menghitamkan Rambut Dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri dapat Anda gunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Siapkan minyak kemiri, lalu basahi rambut Anda dengan minyak kemiri secukupnya saja. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari minimal dua kali, pagi hari dan malam hari.

Menghitamkan Rambut Dengan Urang Aring

Cara menghitamkan rambut secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan daun urang aring. Urang aring ini sudah lama dikenal fungsinya sebagai penghitam rambut alami. Caranya cukup mudah, Ambil beberapa helai daun urang aring, lalu cuci bersih. Tumbuk daun hingga halus dan mengeluarkan sari yang berwarna hitam. Peras tumbukan daun tadi hingga sarinya benar-benar habis. Aplikasikan sari dari urang aring tadi pada rambut Anda menggunakan sikat semir rambut hingga merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya setiap seminggu dua kali atau seminggu sekali untuk mendapatkan rambut hitam alami yang mempesona.

Menghitamkan Rambut Dengan Teh Basi

Menggunakan air seduhan teh basi sebagai media keramas. Teh biasa atau yang paling baik adalah teh hijau, mengandung banyak kandungan zat yang berguna untuk menghitamkan rambut. Caranya pun cukup mudah. Sediakan segelas teh, kemudian seduhlah dengan air panas, dengan catatan jangan menambahkan gula pada air seduhan tehnya. Biarkan dingin dan netral, simpan dalam wadah tertutup. Kemudian biarkan selama semalam. Pada pagi harinya, pisahkan daun teh dengan airnya dengan cara disaring, lalu segera gunakan untuk keramas. Lakukan setidaknya sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan rambut hitam alami dan berkilau sehat.

biji pepaya

Menghitamkan Rambut Dengan Biji Pepaya

Biji dari buah pepaya bisa digunakan juga sebagai untuk menghitamkan rambut secara alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji pepaya. Setelah melewati proses sangrai, biji pepaya kemudian dihaluskan dan diberi sedikit minyak kelapa. Lalu balurkan pada seluruh bagian rambut Anda. Biarkan khasiat biji pepaya tersebut bekerja selama dua atau tiga jam. Setelah itu, bilas dan bersihkan rambut. Lakukan cara ini secara rutin agar rambut kusam Anda berubah menjadi rambut hitam berkilau yang memukau.

Menghitamkan Rambut Dengan Buah dan Daun Mangga

Dan cara menghitamkan rambut secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan buah mangga. Buah mangga muda bukan hanya enak untuk dirujak namun juga bisa dijadikan sebagai penghitam rambut secara alami. Caranya adalah dengan menyiapkan satu buah mangga muda dan juga daunnya. Kupas bersih kulitnya dan buang bijinya. Lalu haluskan mangga muda tersebut dengan daunnya sampai benar-benar halus. Jangan lupa untuk menambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah semua bahan-bahan tersebut siap, balurkan pada seluruh rambut Anda. Tunggulah selama beberapa jam sampai benar-benar meresap. Setelah itu Anda bisa membersihkan sisa-sisa ramuan mangga ini dengan air yang bersih.

Demikian cara menghitamkan rambut secara alami, Semoga bermanfaat. Segera praktekkan untuk mendapatkan kilau rambut hitam yang indah, sehat, dan mempesona. (NA)

Sumber : ModeldanGayaRambutku.com

Most Popular

To Top