Gaya Hidup

Bahaya Minum Menggunakan Sedotan

Ayonews, Jakarta

Menggunakan sedotan bisa mencegah gigi berlubang dan pembusukan gigi, karena sedotan memungkinkan minuman yang mengandung gula digelontor langsung ke dalam kerongkongan. Namun di sisi lain, selalu menggunakan sedotan untuk minum juga memberikan pengaruh kurang baik. Berikut hal-hal bahaya minum menggunakan sedotan

Gigi tetap rusak karena salah cara menggunakannya

Minum menggunakan sedotan memang bisa membawa minuman langsung ke dalam kerongkongan, tetapi itu bila Anda memasukkan sedotan ke bagian belakang mulut Anda. Kebanyakan orang salah menggunakan sedotan yaitu dengan menyelipkan ujung sedotan di antara bibir dan di depan gigi, sehingga efek minuman manis yang merusak gigi masih bisa terasa.Satu-satunya cara untuk melindungi gigi adalah dengan menaruh ujung sedotan di bagian belakang mulut, di balik gigi dan lidah, sehingga cairan akan berpindah dari gelas langsung ke belakang kerongkongan tanpa menyentuh gigi.

Sudut mulut menjadi keriput

Lesley M. M. Blume, penulis buku Let’s Bring Back: An Encyclopedia of Forgotten-Yet-Delightful, Chic, Useful, Curious, and Otherwise Commendable Things from Times Gone By, mengatakan bahwa mulut kita akan mengerucut ketika minum menggunakan sedotan. Maka sudut mulut akan lebih cepat keriput. Wajah juga akan terlihat lebih tirus, namun tidak sedap dipandang. Kondisi yang sama juga akan dialami perempuan yang punya kebiasaan merokok.

Membuat perut kembung

Mungkin hal ini masih belum banyak di ketahui oleh banyak orang ternyata minum mengunakan sedotan bisa mengganggu masalah pencernaan. Hal ini disebapkan ketika kamu minum menggunakan sedotan kamu akan lebih banyak memasukan udara kedalam perut kamu inilah yang membuat perut kamu menjadi kembung. 50 persen dari gas yang ada di dalam tubuh disebabkan karena Anda menelan terlalu banyak udara melalui makanan. Ketika Anda menyeruput cairan melalui sedotan, Anda juga menghirup udara. Inilah yang menyebabkan lama-kelamaan Anda akan mengalami kembung.

Informasi diatas tidak berarti Anda sekarang tak boleh memakai sedotan sama sekali. Selama Anda tidak secara rutin menggunakan sedotan, itu tentu tak jadi masalah. (NA)

Sumber : Portal Sehatku

Most Popular

To Top