Gaya Hidup

Bahaya Meminum Air yang Tersimpan di Mobil

Ayonews, Jakarta

Minum air putih memang menjadi sebuah kebiasaan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Usahakan untuk mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari. Namun, tidak semua jenis minuman air putih bisa dikonsumsi.

Banyak orang di masa kini memilih untuk membeli minuman kemasan saat dalam perjalanan atau sekedar untuk melepas dahaga saat itu. Namun kesalahan yang sering dilakukan adalah menyisakan minuman tersebut dan menyimpannya di dalam mobil untuk waktu yang cukup lama. Terutama, air putih.

Apakah Anda tahu bahwa Anda sebaiknya tidak mengonsumsi air minum yang sudah ditinggal di dalam mobil dan terekspos sinar matahari atau kepanasan di dalam mobil? Mengapa tidak boleh dikonsumsi?

Meski cara ini lebih praktis dan seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang, namun ternyata kebiasaan untuk menyimpan air kemasan dalam suhu yang panas atau terekspos sinar matahari adalah hal yang kurang baik, bahkan membahayakan. Hal ini karena di dalam kemasan itu sendiri, tersimpan kandungan kimia yang bereaksi saat terjadi peningkatan suhu maupun terpaan sinar matahari berlebihan.

Sinar ultraviolet yang mengenai plastik kemasan, akan mengaktifkan dioksin dari botol tersebut, melebur bersama cairan minuman. Lebih membahayakan lagi karena dioksin adalah bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker payudara.

Untuk lebih amannya, bila Anda membeli minuman kemasan, sebaiknya habiskan saat itu juga, atau simpanlah di tempat yang sejuk dan kering serta tidak terpapar matahari berlebihan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari resiko kesehatan ini. Meski remeh, namun cukup membahayakan bila terlalu sering dilakukan. (NA)

Most Popular

To Top