Internasional

Masjid Syiah, Sayyida Zeinab Dibom ISIS, 20 Orang Tewas

Ayonews, Suriah

Sebuah serangan bom terjadi di luar Masjid Syiah di dekat Ibukota Suriah. Dua ledakan bom itu menewaskan sedikitnya 20 orang.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (11/6/2016), ledakan bom berasal dari bom bunuh diri dan bom mobil yang menghantam pintu masuk masjid Sayyida Zeinab.

“Masjid Sayyida Zeinab merupakan tempat suci yang dihormati di Syiah dan seluruh dunia,” Seperti dilansir kantor berita resmi SANA.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, melaporkan 12 orang tewas dan 30 orang terluka dalam ledakan tersebut.

Masjid yang berisi makam Zeinab (Zainab), cucu Nabi Muhammad SAW, memiliki ciri khas terkenal karena kubah masjid yang berwarna emas berkilau, dan berada sekitar 10 kilometer atau enam mil selatan dari pusat kota Damaskus itu kini dijaga ketat oleh pasukan pro-pemerintah.

Namun saat ini masih menjadi target beberapa serangan jihad, termasuk wilayah yang diklaim oleh kelompok Negara Islam (IS).

Dari channel resmi Al-Ikhbariya Suriah menunjukkan mobil yang terbakar pasca ledakan dengan gumpalan asap hitam yang mengepul.Petugas pemadam kebakaran pun berjuang memadamkan api.

“Serangan terakhir di Masjid Sayyida Zeinab pada 25 April dan menewaskan sedikitnya tujuh orang serta melukai puluhan orang. Selain itu aksi pemboman ISIS lainnya yang terjadi di dekat Masjid pada bulan Februari membuat korban 134 orang tewas yang berasal dari warga sipil,” menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia

Sejak bulan Januari, ISIS mengklaim telah menewaskan 70 orang. Kelompok militan Syiah Lebanon Hizbullah mengutip ancaman bagi Masjid Sayyida Zeinab sebagai alasan utama untuk intervensi dalam perang sipil Suriah pada sisi Presiden Bashar al-Assad.(***)

Most Popular

To Top