Tokoh

Selamat Tinggal Muhammad Ali, Dunia Kan Terus Mengenangmu

Ayonews, Louisville

Iring-iringan mobil yang membawa peti jenazah Muhammad Ali berkeliling kota Louisville, Amerika Serikat (AS). Ribuan orang tumpah ke jalanan demi mengucapkan selamat tinggal pada juara tinju dunia legendaris itu.

Seperti dilansir media lokal AS, cbslocal.com, Jumat (20/6/2016), seorang warga setempat, Takeisha Benedict dan sejumlah rekan kerjanya ikut berkumpul di pinggir jalan, tepat di depan kantornya yang terletak tak jauh dari Kentucky Center for African American Heritage di Muhammad Ali Boulevard.

Iring-iringan mobil jenazah yang terdiri atas 17 kendaraan akan melewati pusat komunitas warga kulit hitam di Kentucky. Warga rela berpanas-panasan di bawah matahari demi menyaksikan sekilas peti jenazah Ali dari dekat.

“Bagi saya, dia adalah legenda bagi kota ini dan contoh bagi semua orang. Saya merasa senang menjadi bagian dari sejarah untuk mengucapkan selamat tinggal,” ucap Benedict.

“Membuka diri dan mengizinkan kami menjadi bagian, sungguh kami apresiasi,” imbuhnya.

Ketika iring-iringan melintas di depan mereka, warga sibuk mengambil foto dan juga meneriakkan nama Ali. Beberapa orang berkumpul di dekat rumah masa kecil Ali sambil membawa karangan bunga dan poster bertuliskan pesan mereka untuk almarhum.

“Anak-anak menyukainya, dia selalu menyerukan harapan di lingkungan ini. Bagi kaum muda di sini, dia adalah contoh,” ucap Toya Johnson kepada AFP.

Iring-iringan kendaraan yang mengawal mobil jenazah tengah berkeliling ke sejumlah lokasi penting bagi mendiang Ali. Mulai dari rumah masa kecilnya, Muhammad Ali Center, kemudian Center for African-American Heritage, dan juga sepanjang Muhammad Ali Boulevard yang diberi nama sesuai namanya sejak tahun 1978 untuk menghormatinya.

Istri Ali, Lonnie, dua mantan istrinya dan sembilan anak Ali ada di dalam mobil iring-iringan tersebut. Diperkirakan iring-iringan akan melalui rute sepanjang 30 kilometer, selama 90 menit, sebelum akhirnya berakhir di Cave Hill Cemetery, yang menjadi lokasi pemakaman Ali. Upacara pemakaman Ali akan digelar secara tertutup bagi publik.(***)

Most Popular

To Top