Hukum & Kriminal

Terlibat Jaringan Uang Palsu, 1 Oknum Kolonel TNI dan 2 Warga Sipil Ditangkap

Ayonews, Jakarta
Diduga terlibat jaringan pengedar uang palsu, seorang perwira menengah berpangkat kolonel diamankan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dir Tipidsus) Bareskrim Mabes Polri dan POM TNI di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2016).

Dari penangkapan tersebut, petugas menyita uang palsu Rp 300 juta pecahan Rp 100 ribu. Tak hanya sang kolonel, dua warga sipil turut diperiksa.

Dalam pemeriksaan, Kolonel yang ditangkap diketahui berdinas di Kementerian Pertahanan (Kemhan), namun karena dia masih aktif berdinas, dia diserahkan ke POM TNI untuk diperiksa. Sedang dua orang sipil dibawa ke Bareskrim Polri.

“Saya membenarkan peristiwa penangkapan. Oknum TNI masih diperiksa POM,” jelas Kadispen TNI AD Brigjen Sabrar Fadhilah yang dikonfirmasi soal kolonel yang ditangkap.

Meski demikian, Sabrar belum mau berkomentar soal tempat bertugas kolonel tersebut. “Kamu tanya sendiri saja ke Kemhan,” tegas dia.

Sementara itu Dirtipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya yang dikonfirmasi soal kronologi dan penangkapan hanya membenarkan telah dilakukan penangkapan. Untuk data kronologi dan modus pemalsuan uang, dia akan menjelaskannya nanti. “Yang oknum TNI ditangani POM,” tegas dia.(***)

Most Popular

To Top