Komunitas

Diserang Fitnah di Medsos Soal Hijab dan SARA, Amalia Memaafkan Si Pemfitnah

Ayonews, Jakarta

Isu SARA tak hanya menyerang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. Tapi juga menimpa para pendukungnya. Salah satunya menyerang pendiri relawan Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas.

8583586_20160607041135Kali ini fitnah yang disebarkan berkaitan dengan keyakinan Amalia. Amalia dituduh sebagai bukan pemeluk islam dan menggunakan hijab hanya sebagai taktik politik.

8583586_20160607041125

Informasi fitnah tersebut disebarkan pertama kali oleh akun Facebook milik “Zeng Wei Jian” dan dengan cepat menyebar di kalangan tertentu. Akun tersebut memakai wacana ‘Silent Attack on Islamic Akidah”.

Bahkan belakangan, akun yang sama juga mengarahkan isu bahwa Amalia merupakan putri dari politisi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning, meski disebutkan bahwa hal tersebut dalam konfirmasi.

“Hal ini juga fitnah. Saya anak dari keluarga sederhana yang tak berpolitik sama sekali.” jawab Amalia.

Menanggapi hal ini, Amalia menanggapi dengan santai dan hati dingin.
“sudah biasa” katanya.

Menurut Amalia, sudah terlalu banyak fitnah yang sudah ia alami. “Tapi karena ini bulan Ramadhan, kita berharap fitnah ini dapat diluruskan supaya tidak lebih banyak yang berdosa karena prasangka” kata perempuan berkacamata ini.

Ironisnya, informasi tersebut disebarkan menggunakan foto orang lain yang kebetulan sama-sama memakai kacamata namun tidak memakai hijab. Ada beberapa foto perempuan berbeda dicatut sebagai Amalia, namun yang jelas tidak satupun foto yang tersebar merupakan foto Amalia.

“Itu bukan foto saya” tegas Amalia.

Beredarnya informasi fitnah ini menuai banyak tanggapam dan testimoni dari rekan-rekan Amalia yang sudah mengenalnya sejak lama.
Maharsi Wahyu K, kakak kelas Amalia semasa SMA menulis di dinding Facebooknya; “Sejak saya kenal dia pulalah saya lihat dia selalu berjilbab rapat, tanpa pernah melihatnya sekalipun keluyuran tanpa jilbab yang artinya berita tersebut sama sekali tidak benar”.

“Kita sadar ini merupakan tantangan bagi kita sebagai Teman Ahok. Ini merupakan konsekuensi yang harus dihadapi dengan kepala dingin” papar Amalia.

Menurut Amalia, tindakan tersebut merupakan pembodohan massal dengan sentimen SARA.

“Untuk pelaku tetap kita maafkan. Kita memang sudah kenyang dengan fitnah semacam ini, namun dalam suasana Ramadhan ini rasanya penting bagi kita untuk meluruskan pikiran publik yang mudah percaya pada hal-hal seperti ini. Kami khawatir malah merusak ibadah kita semua” tutupnya.

7255150_20160607042046

Lucunya, meski Amalia menanggapi dengan santai dan tidak melakukan tindakan apapun dengan fitnah itu, apalagi sampai melaporkan ke aparat hukum, sepertinya akun Zeng Wei Jian, si penebar fitnah itu belakangan malah minta maaf dan mengklarifikasi tudingan yang dibuatnya sendiri.(***)

Most Popular

To Top