Ibukota

Asyik, Mulai 22 Juni 2016 Bayar Pajak Kendaraan Bisa Sambil Nongkrong di Rumah

Ayonews, Jakarta

Menyambut HUT DKI Jakarta ke 489, 22 Juni mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya akan meluncurkan e-Samsat.
e-Samsat ini berfungsi sebagai pengganti pembayaran pajak yang selama ini konvensional. Ada tiga cara yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), yakni melalui portalpajakonline.go.id, aplikasi di telepon pintar, dan langsung ke ATM.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono belum bisa menjelaskan bagaimana mekanisme pembayaran tersebut. Menurut Awi, penjelasan mekanisme secara rinci akan dijelaskan saat peluncuran aplikasi.
“Nanti kalau sudah launching kita sampaikan cara-caranya,” ujar Awi, Selasa (7/6/2016).

Menurut Awi, sudah ada delapan bank yang bekerja sama dalam program ini, yakni Bank DKI, Bank Mandiri, BRI, BCA, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, MayBank, dan Bank BTN.
“Sekarang sistem ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat, meskipun belum launching,” ucapnya.
Sebelumnya, wakil kepala dinas pelayanan pajak (DPP) DKI Jakarta Edi Sumantri mengatakan, ada keterlambatan dalam proses peluncuran e-Samsat ini. Pasalnya, Ditlantas Polda Metro Jaya masih keberatan dengan proses pengesahan sesuai pembayaran.
Setelah belajar dari e-Samsat Jawa Barat, Ditlantas Polda Metro pun akhirnya sepakat dengan DPP DKI Jakarta. “Launching 22 Juni besok,” kata Edi.(***)

Most Popular

To Top