Ibukota

Pak Ahok Gawat Nih, Dari 30 Bus AKAP yang Dicek Cuma 3 yang Layak Buat Mudik

Ayonews,Jakarta

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan pemantauan di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, untuk melihat persiapan terminal menjelang mudik lebaran.

Dalam pemantauan itu, BPTJ mengecek kelayakan bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP). Kepala BPTJ Elly Adriani Sinaga mengatakan, dari 30 bus AKAP yang dicek di Terminal Kalideres, hanya ada tiga bus yang dinyatakan layak jalan.

“Di Kalideres ini, dari 30 yang lulus cuma tiga,” ujar Elly di Terminal Kalideres, Senin (6/6/2016).

Menurut Elly, pengujian yang dilakukan hari ini hanyalah uji fisik bus. BPTJ mengecek lampu, rem, ban, alat-alat keselamatan, dan alat kesehatan seperti P3K.

“Pengujiannya itu kan untuk uji kelaikan sudah ada sendiri unit pengujian kendaraan bermotor. Kalau ini cuma uji spot, engak pake alat-alat,” kata Elly.

Selain Terminal Kalideres, BPTJ juga mengecek bus-bus AKAP di sepuluh terminal. Hasilnya hanya 20 persen kendaraan yang layak beroperasi di setiap terminal.

“Saya sedih, dari semua sarana yang kita cek yang paling tinggi 20 persen yang layak uji, yang lainnya payah. Saya sangat kecewa. Saya enggak mau penumpang-penumpang kita ini kecelakaan,” ucap dia.

Salah satu contoh bus yang tidak layak jalan, kata Elly, disebabkan karena tidak adanya baut yang terpasang di ban. Dia menyesalkan banyaknya kendaraan yang tidak dapat beroperasi.

“Masa baut ban mobilnya lepas, masuk jalan tol,” tutur Elly.

Masalah lain yang terjadi terdapat pada kaca mobil, rem, dan tidak adanya kelengkapan alat keselamatan.

“Kaca pecah banyak, kemudian ban, kemudian ada enggak punya rem tangan,” sebut dia.

Pengecekan ke terminal-terminal akan dilakukan BPTJ hingga tanggal 24 Juni 2016. BPTJ memberi kesempatan PO yang bus-busnya tidak layak beroperasi itu untuk segera diperbaiki. (***)

Most Popular

To Top