Internasional

Selama 30 Tahun Terakhir, Paris Kembali Banjir 6 Meter

Ayonews, Paris 

Meluapnya permukaan sungai Seine di Paris Perancis mencapai 6,5 meter. Akibatnya, ibukota Perancis itu dalam beberapa hari terendam banjir. Diperkirakan air baru akan surut pada akhir pekan ini.

Air sungai Seine di Paris mencapai titik tertinggi selama lebih dari 30 tahun terakhir, dan banjir di ibukota Prancis itu juga menyebabkan penutupan sistem transportasi kereta bawah tanah dan sejumlah lokasi penting.

Museum Louvre dan Orsay ditutup, sementara para staf memindahkan sejumlah karya seni ke tempat yang lebih tinggi, karena banjir mencapai ketinggian 6 meter.

Permukaan air sungai Seine mencapai 6,5meter dan kemungkinan akan surut pada akhir pekan ini, dengan perkiraan akan turun hujan deras.

Jembatan juga ditutup dan perahu yang bukan digunakan untuk keperluan darurat pun dilarang untuk beroperasi.

Setidaknya 15 orang tewas di seluruh Eropa tengah akibat hujan deras yang menyebabkan banjir dari Prancis sampai Ukraina.

Dua orang tewas di Paris, 10 orang tewas di bagian selatan Jerman. Sejumlah kota juga rusak.

Dua korban lain dilaporkan di Rumania dan sato orang di Belgia. Banjir juga terjadi di Austria, Belanda dan Polandia. Puluhan ribu orang telah mengungsi dari rumah mereka.

Asosiasi Industri Asuransi AFA menyebutkan estimasi biaya asuransi akibat banjir mencapai lebih dari 600 juta euros atau RP 9 trilliun.(***)

Most Popular

To Top